Paripurna HUT Kota Pekanbaru ke-238

Sabarudi: Kami Harapkan Pemko Bisa Lebih Bersinergi dan Tambah Kompak dengan DPRD


Dibaca: 1346 kali 
Jumat, 24 Juni 2022 - 15:05:00 WIB
Sabarudi: Kami Harapkan Pemko Bisa Lebih Bersinergi dan Tambah Kompak dengan DPRD DPRD Kota Pekanbaru menggelar sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru rahun 2022 ke-238, Kamis (23/06/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menggelar sidang Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru rahun 2022 ke-238, Kamis (23/06/2022).

Sidang Paripurna yang berjalan khidmat dan penuh sakral di ruang Paripurna DPRD Pekanbaru ini langsung dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST didampingi Wakil Ketua DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE. 

Hadir juga Pj Walijota Pekanbaru Muflihun beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Wakil Gubernur Riau Eddy Natar Nasution, LAMR Pekanbaru, Anggota DPRD Riau, mantan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, mantan Ketua DPRD Pekanbaru, unsur Forkompimda serta undangan lainnya. 

Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru Tahun 2022 ini tidak dibatasi, karena situasi Kota Pekanbaru sudah melandai dari kasus pandemi covid-19. Namun demikian, rangkaian prosesi pelaksanaan Paripurna HUT Pekanbaru ke-238 yang mengusung tema "Pekanbaru Kota Bertuah, Bangkit Besinergi Menuju Smart City Madani" berjalan lancar.

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST mengucapkan Tahniah Kota Pekanbaru ke-238. Dengan usia kota yang sudah tua ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diharapkan bisa meningkatkan pembangunan untuk masyarakat. 

"Kami harapkan, Pemko bisa lebih bersinergi dan tambah kompak dengan DPRD. Utamakan kepentingan masyarakat dan realisasikan program kerja yang sudah ada," harapnya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dalam sambutannya menyampaikan, di usianya yang sudah dua abad lebih ini Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Terutama di bidang perekonomian dan infrastruktur. Kemajuan yang dicapai saat ini dapat dilihat sebagai wujud kualitas visi maupun perencanaan yang telah ditetapkan. Bahkan berbagai capaian pembangunan yang sudah dilakukan tentu belum maksimal. Untuk itu, Pemerintah Kota Pekanbaru (Pemko) Pekanbaru meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau agar dapat ikut serta membantu pembangunannya dan kesejahteraan masyarakat. 

"Sejak saya dilantik, langkah pertama yang saya lakukan yakni mengintegrasikan masalah dengan semua OPD, Camat dan Lurah. Program 100 hari kerja saya fokus pada perbaikan jalan rusak, penanganan banjir, serta pengelolaan sampah yang baik," papar Muflihun sembari menyampaikan, pemerintah bersama masyarakat sudah berhasil mengantarkan Kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan Madani. 

Hampir sebulan menjadi Pj Walikota Pekanbaru, sebut Muflihun, pihaknya sudah cepat menangani masalah sampah dengan melibatkan Camat dan Lurah. Mereka ditekankan harus serius bekerja, bahkan sudah melaksanakan Deklarasi Bebas Sampah hingga menginventarisir titik-titik sampah. 

"Untuk penanganan banjir, juga sudah dilakukan hingga beberapa persen. Mengenai jalan rusak di Kota Pekanbaru sekitar 1. 277 meter. Makanya, dalam program kerja 100 ini, kami akan berusaha menyelesaikannya. Kami akui, masih banyak yang harus dicapai. Kami mohon dukungan masyarakat Pekanbaru. Bantu saya, dorong saya dan doakan saya, agar bisa bekerja maksimal," beber Muflihun. 

Ditempat terpisah, Wakil Gubernur Riau Eddy Natar Nasution mengucapkan selamat hari jadi Kota Pekanbaru. Kota Pekanbaru yang kini berusia 238 tahun menandakan daerah ini kota bersejarah. 

"Kita untaikan doa kepada pendiri, tokoh dan pemimpin Kota Pekanbaru. Kita beri apresiasi dan tokoh pejuang atas jasanya," sebut Eddy seraya menyampaikan, perkembangan kota yang dirasakan saat ini, menandakan berkembangnya banyak sektor di Kota Pekanbaru. Sektor perdagangan menjadi sektor utama. Tema Bangkit dan Bersinergi, diharapkan masyarakat harus mampu memberi dampak positif bagi pemerintah. 

"Pemko Pekanbaru harus tetap bisa mewujudkan Kota Metropolitan. Pemprov akan mendukung program yang sudah dicanangkan Pemko Pekanbaru dalam berbagai bidang. Pada hari jadi ini, menjadi momen penting untuk memupuk kebersamaan. Karena masih banyak yang dilakukan untuk kemajuan kota. Butuh keikhlasan hati untuk bekerja, menjaga dan menciptakan kekompakkan," ungkap Wagubri. (advertorial)