Sempurnakan Ibadah Umrah, TPIHI Riau Pantau Penyembelihan Dam Jamaah Haji Kloter 06 BTH asal Pekanbaru


Dibaca: 826 kali 
Ahad, 26 Juni 2022 - 17:03:44 WIB
Sempurnakan Ibadah Umrah, TPIHI Riau Pantau Penyembelihan Dam Jamaah Haji Kloter 06 BTH asal Pekanbaru Sempurnakan Ibadah Umrah, TPIHI Riau Pantau Penyembelihan Dam Jamaah Haji Kloter 06 BTH asal Pekanbaru.

Makkah, Hariantimes.com - Sempurnakan rangkaian ibadah Umrah jamaah haji kloter 6 Embarkasi Haji Batam, Tim Pembimbing Ibah Haji Indonesia (TPIHI) Provinsi Riau  Dr HM Fakhri MAg meninjau dan mengawasi pelaksanaan penyembelihan Dam jamaah haji kloter 06 BTH asal Pekanbaru, Sabtu (25/06/2022).

Penyembelihan Dam ini merupakan Dam Nusuk (Dam Ibadah) yang harus dilakukan oleh setiap jamaah yang melakukan Haji Tamattu' atau Qiran.

"Alhamdulillah, setelah memastikan jumlah domba sesuai dengan jumlah jamaah, maka jamaah dipersilahkan menyaksikan penyembelihan dam nya. Penyembelihan dam ini sudah boleh dilakukan semenjak jamaah telah menyelesaikn umrah tamattu'nya,” tutur HM Fakhri didampingi Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) Provinsi Riau yang juga Kapolresta Kota Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi SIK MH.

Lebih lanjut, Pembimbing Ibadah yang lebih dikenal dengang panggilan Ustadz Fakhri ini mengatakan, pembayaran dam tersebut afdhal dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Karena kondisi jamaah pada saat tersebut disibukkan dengan rangkaian ibadah wajib haji, maka jamaah mengambil waktu yang dibolehkan (jawas)

Adapun waktu afdhalnya, sebut HM Fakhri, pelaksanaan penyembelihan Dam adalah tgl 10 dzulhijjah. Namun, karena pada tanggal tersebut jamaah disibukkan dengan melontar jumrah aqabah, maka jamaah mengambil waktu jawaz (boleh), yaitu setelah umrah tamattu' tersebut.

"Selain menyembelih langsung, jamaah dapat pula menyerahkan penyembelihan Dam-nya kpd pemerintah Arab Saudi dengan menyetorkan uang kepada  Bank Rajhi," jelas HM Fakhri.

 Saat ini kondisi jamaah asal Kota Pekanbaru yang tergabung didalam Kloter 6 BTH tersebut baik dan sehat. Jamaah di kloter ini siap melaksanakan Ibadah haji nantinya.(*)