Sempena Konferprov XV PWI Riau, Tiga Wartawan PWI Bengkalis Luncurkan Buku Secara Serentak


Dibaca: 688 kali 
Rabu, 22 Juni 2022 - 15:12:09 WIB
Sempena Konferprov XV PWI Riau, Tiga Wartawan PWI Bengkalis Luncurkan Buku Secara Serentak Tiga wartawan anggota PWI Kabupaten Bengkalis meluncurkan buku secara serentak, Rabu (22/06/2022).

Bengkalis, Hariantimes.com - Bersempena kegiatan Konferensi Provinsi XV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau tahun 2022, tiga wartawan anggota PWI Kabupaten Bengkalis meluncurkan buku secara serentak, Rabu (22/06/2022).

Acara peluncuran yang dipusatkan di Kantor PWI Kabupaten Bengkalis Jalan Hasanuddin ini mengusung tema Terus Berkarya untuk Wartawan Semakin Hebat Bersama PWI Kabupaten Bengkalis.

Buku-buku yang diluncurkan itu masing-masing karya Bagus Santoso, Sukardi dan Budi Prayetno.

Bagus Santoso yang juga menjabat Wakil Bupati Bengkalis melaunching 5 buku karya besarnya yaitu Dinamika Politik Riau, XYZ Writing, Mahar Politik dan Kontestasi, Penangkal Demokrasi Kriminal dan Layar Ramadhan.

Sedangkan Sukardi meluncurkan buku dengan judul Kami Bukan Malaikat Pers Hebat Pers Cinta Damai. Selanjutnya Budi Prayetno dengan Buku Rintihan Gadis yang Terbuang.

Hadir pada acara peluncuran tampak Sekretaris Kominfotik Bengkalis Adi Sutrisno, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkalis Suwarto, Ketua DPH LAM-R Bengkalis Datuk Seri H Sofyan Said, para perwakilan dari Parpol, Bawaslu Bengkalis, Perguruan Tinggi Bengkalis, mahasiswa serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Terkait diluncurkannya tiga buku karya wartawan anggota PWI Kabupaten Bengkalis ini, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang memberikan apresiasi dan pujian kepada Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso dan bersama penulis lainnya yang telah berhasil mengharumkan nama PWI di Provinsi Riau. Dan hal seperti perlu dijadikan contoh. Karena ini adalah karya yang sangat baik serta bermanfaat bagi masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

"Saya sebagai Ketua PWI Provinsi Riau sangat bangga kepada Wakil Bupati Bengkalis. Karena meski sibuk mengurus birokrasi, namun masih sempat menulis,”ucap Zulmansyah.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso berharap kegiatan launching atau peluncuran buku serentak ini menjadi penyemangat para wartawan supaya terus berkarya. Sehingga melahirkan bibit penulis hebat di Kabupaten Bengkalis.

“Insya Allah kegiatan pelucurun buku serentak ini akan menjadi jalan pembuka bagi kantor PWI lainnya yang ada di wilayah Provinsi Riau untuk bersinergi dan menyatu, menelorkan literasi buku yang dimulai dari PWI Bengkalis ini. Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mengapresiasi kepada PWI Bengkalis telah mengadakan kegiatan ini, teruslah bersinergi dan berkolaborasi membangun Kabupaten Bengkalis Bermasa,” ujar Bagus Santoso.

Menurut Bagus, keberadaan wartawan sangat strategis. Tetapi menjadi wartawan tidaklah mudah segampang yang dilihat, jadi para wartawan harus terus menigkatkan literasi menulis, jadilah penulis yang hebat dan handal selalu menyajikan informasi yang sehat dan kondusif.

“Jadilah seperti wartawan Abu Bakar, yang selalu bersinergi, berkolaborasi yang mencari sumber-sumber fakta dan menerbitkan berita karena hati nurani bukan sebuah fitnah atau bohong, jadi itu yang harus dimiliki pada jiwa PWI Bengkalis. Dan jangan menjadi wartawan  Abu Jahal yang menyebarkan sebaliknya,” tutur Bagus.

Kemudian Bagus yakin, dengan cara-cara kinerja yang dibuat, dicontohkan dan diteladani PWI Bengkalis ini, maka wartawan-wartawan lain juga akan ikut bersama-sama. Zaman akan mengatakan bahwa siapapun yang berprestasi dengan karyanya dia akan bertahankan dan hidup, tetapi kalau wartawan musiman, hanya mengejar beberapa kali mendapatkan penghasilaan, maka ia akan mati sendiri.

“Saya berharap kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan PWI Bengkalis hari ini terus dijaga. Mari bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi guna menciptakan kondusif, bahwa bangunan di Bengkalis itu akan hebat, pembangunan Bengkalis akan terwujud Bermawah, Maju dan Sejahterah,”ajak Wakil Bupati Bengkalis.(*)

Penulis: Zulmiron