Pemkab Siak Gelar Festifal Sastra Sungai Jantan


Dibaca: 715 kali 
Selasa, 21 Juni 2022 - 19:07:48 WIB
Pemkab Siak Gelar Festifal Sastra Sungai Jantan Pemkab Siak Gelar Festifal Sastra Sungai Jantan.

Siak, Hariantimes.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Festival Sastra Sungai Jantan 2022. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Gedung Mahratu Siak, Selasa (21/06/2022) dan Rabu (22/06/2022).

Festival Sastra Sungai Jantan ini merupakan yang kedua. Ia berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya.

"Kami berharap tahun depan diadakan lagi kegiatan seperti ini. Dijadikan agenda tahunan, lebih semarak dan lebih banyak peserta lagi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Disdikbud Siak H Mahadar SPd MM dalam sambutannya.

Apa yang diharapkan Plt Kadisdik dan panitia disambut baik Sekda Siak, Drs H Arfan Usman MPd yang membuka kegiatan tersebut menyambut dengan baik.

"Kami sangat senang dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Bak kata pepatah, membangkitkan batang terendam. Menumbuhkan bakat-bakat anak negeri sehingga kelak bisa menjadi orang hebat di bidang seni, sastra dan budaya ini hingga ke tingkat nasional. Jadi festival ini tak boleh berhenti sampai di sini," ungkap Sekda.

Sekda juga menyebutkan, orang-orang hebat,  sastrawan  dan seniman hebat,  dulunya juga berangkat dari kompetisi yang terus menerus. Lalu mereka jadi juara, jadi yang terbaik dan terus berprestasi.

Sekda kemudian meminta kapada bapak dan ibu guru yang mendampingi peserta untuk terus membimbing anak didiknya.

"Bapak dan ibu guru, bimbing anak-anaknya, khususnya di bidang sastra dan budaya. Ini juga merupakan salah satu upaya menjaga kearifan lokal secara langsung,  bukan instan melalui youtube atau medsos. Di sini anak belajar langsung  dilatih mentalnya di atas panggung," sambung Sekda.

Selain Kedisdik, Sekda juga memperkenalkan dewan juri dua cabang lomba yakni lomba baca puisi dan lomba berbalas pantun. Juri lomba berbalas pantun yakni Ediy SPd MPdi Sumantari MPd dan Deni Irawan Sp. Sedangkan juri lomba baca puisi adalah, Marhalim Zaini MSn, Jefry Al Malay MSn dan Kunni Masrohanti.

Peserta lomba baca puisi tahun ini sebanyak 87 peserta yang terdiri dari peserta pelajar sebanyak  48 dan peserta umum sebanyak 89. Sedangkan peserta lomba pantun yang baru ada tahun ini sebanyak puluhan dari berbagai sekolah.(*)