Halal bi Halal Matua Saiyo Pekanbaru Dihadiri Enam Wali Nagari

Hanafi: Mari Sama-Sama Kita Dukung Pembangunan di Kampung Halaman


Dibaca: 1123 kali 
Selasa, 21 Juni 2022 - 11:00:10 WIB
Hanafi: Mari Sama-Sama Kita Dukung Pembangunan di Kampung Halaman Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan halal bi halal, Minggu (19/06/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Organisasi sosial kemasyarakatan, Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan halal bi halal, Minggu (19/06/2022).

Pada kegiatan tersebut, juga dilangsungkan Pelantikan Pengurus Persatuan Matua Saiyo Provinsi Riau dan Pengurus Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru.

Kegiatan yang dihelat di Gedung Balai Pertemuan Matua Saiyo Pekanbaru Jalan Tanjung Kelurahan Tangkerang Labuay Kecamatan Bukit Raya ini dihadiri sekitar 600-an masyarakat Matur yang berdomisili di Kota Pekanbaru dan sekitarnya. Termasuk juga ada yang berasal dari masyarakat Matur yang berada di HKM Mandau, Duri Kabupaten Bengkalis, IKKM Kota Dumai, Pelalawan dan Kampar.

Selain itu, juga hadir Sekretatis Umum Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Provinsi Riau Berman, Bendahara Umum IKLA Provinsi Riau Doni Subakti, Ketua Harian Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Marjoni Hendri, Ketua Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau AZ Fakhri Yasin, Camat Matur Edo Aipa Pratama Putra SIP dan 6 Wali Nagari se Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat. Yakni Wali Nagari Parit Panjang Yulianto St Caniago, Wali Nagari Lawang Franki Saputra SPd Bagindo Rajo  Wali Nagari Matua Mudiak Akmal Hamid Panghulu Alam Putiah, Wali Nagari Tigo Balai Juned Efendi Dt Imbang Langit, Wali Nagari Panta Pauh Syahrul Gindo Sutan dan Wali Nagari Matua Hilia Nofrizal Anas Saidi Kari.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Aprianto menyampaikan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak Camat Matur dan Bapak-Bapak Wali Nagari yang telah datang dari jauh serta, Bapak Ketua Matua Saiyo Provinsi Riau dan Bapak Ketua Matua Saiyo Pekanbaru, Pengurus IKLA, Pengurus IKMR, Mamak-Mamak, Etek-Etek, Uda (Abang), Uni (Kakak), dunsanak (famili) dan P3MS yang telah  bersedia meluangkan waktu untuk datang berkumpul di acara ini.

"Dan tak lupa, saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada kawan-kawan panitia yang telah ikut berkontribusi dalam acara ini. Serta tak lupa kita hargai segala kelebihan dan kekurangan acara kita ini. Apabila ada yang kurang, kami mohon dimaafkan. Semoga apa yang kita kerjakan diganjar pahala dan mendapat berkah dari Allah SWT," ucap Aprianto yang akrab disapa Anto ini.

Dikesempatan itu, Anto juga menyampaikan maksud dan tujuan dari acara halal bi halal ini. Selain untuk saling bermaaf-maafan, juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama di perantauan.

Dikesempatan itu, Ketua Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru, HM Hanafi menyampaikan, halal bi halal merupakan sebuah tradisi yang dilakukan untuk menjalin silaturahmi dan saling bermaaf-maafan antar sesama, terutama bagi para perantau yang ada di perantauan.

"Halal bi halal kali ini diharapkan bisa meningkatkan ukhuwah islamiyah antar sesama serta dapat menjaga persatuan dan kesatuan perantau Matua," sebut Hanafi sembari mengajak warga Matua yang ada di Kota Pekanbaru dan sekitarnya untuk selalu memperkokoh persatuan dan kesatuan. Dan kita tidak boleh melupakan ranah, walaupun kita berusaha di rantau orang.

"Oleh karena itu, mari sama-sama kita dukung pembangunan di ranah atau kampung halaman masing-masing," ajak Hanafi.

Apabila seluruh perantau di perantauan itu kompak, sebut Hanafi, maka segala persoalan yang dihadapi bisa dipecahkan bersama.

"Kami berharap para perantau yang di Riau, khususnya bisa selalu kompak dan tetap solid serta harus siap bersinergi membangun kampung halaman," harapnya.

Sementara itu, Camat Matur Edo Aipa Pratama Putra SIP menyampaikan, sinergitas para perantau sangat diperlukan dalam pembangunan di nagari, serta mendukung seluruh program pemerintah daerah seperti memperbanyak rumah tahfidz, pengembangan kampung Inggris dan pendidikan adat.

"Atas nama pemerintah kecamatan, kami mengapresiasi kekompakan masyarakat Matua yang ada di perantauan. Kami berharap solidaritas ini bisa terus ditingkatkan serta selalu bersinergi dalam membangun Kecamatan Matua kedepan. Dan saya berharap ada jalinan kerjasama dan sinergisitas antara masyarakat Ranah dan Rantau untuk memberikan dukungan terhadap pembangunan serta visi misi pemerintah daerah. Seperti Rumah Tahfidz, pengembangan Kampung Inggris dan Pendidikan Adat," harap Camat.(*)