Produktif dan Berkinerja Baik dalam Publikasi

Jurnal di Unilak Naik Peringkat Akreditasi Shinta


Dibaca: 262 kali 
Selasa, 21 Juni 2022 - 09:13:55 WIB
Jurnal di Unilak Naik Peringkat Akreditasi Shinta Tiga Jurnal di Unilak Naik Peringkat Akreditasi Shinta.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kabar Baik menghampiri Universitas Lancang Kuning Pekanbaru dalam bidang jurnal, dimana 3 jurnal naik peringkat akreditasi di Science and Technology Index (Sinta).

Keberhasilan ini semakin menambah jurnal di Unilak yang terakreditasi mulai dari peringkat 5 hingga peringkat 2.

Sinta sendiri adalah sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek sehingga menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi.

Sinta juga bisa diartikan sebagai sebuah database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi. Bagi dosen. Semakin banyak menulis dan publis, maka dosen akan semakin dikenal dan dapat membantu peningkatan pengurusan pangkat. 

Tiga jurnal yang naik akreditasi peringkat yaitu Jurnal Siklus di Fakultas Teknik dengan Editor in chief Gusneli Yanti ST MT naik peringkat Sinta dari Sinta 4 ke peringkat sinta 3.

Kemudian Jurnal PAUD Lectura di FKIP Unilak dengan Editor in chief nya Sri Wahyuni SPd MPd, naik peringkat Sinta dari Sinta 5 ke peringkat sinta 4.

Dan Jurnal Respublika di Fakultas Hukum dengan Editor In chiefnya Rezmia Febrina SH MH akreditasi baru Sinta 5.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr Jeni Wardi dihubungi Senin (20/06/2022) mengatakan, kabar ini tentu saja membanggakan, dan prestasi baik sekali bagi pengelolaan jurnal. Sinta adalah parameter bagi pegelolaan jurnal memberikan kontribusi yang baik dan terukur dikalangan akademisi bisa menjadi semacam taget untuk memenuhi kewajiban publikasi dan bisa dilekatkan kepada pengurusan fungsional dosen.  

"Ini menandakan atmosfir akademik melalui jurnal sangat standarisasi diakui secara nasional. Artinya, ada tiga jurnal yang meningkat akreditasi. Tentu saja ini menandakan pengelolan jurnal di Unilak kinerja sudah baik. Ini menjadi penting bagi khalayak ramai bahwa pengelolaan jurnal di Unilak memiliki kinerja baik," ujar Dr Jeni.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unilak Dr Fahmi menyambut gembira dan memberikan apresiasi kepada pengelola jurnal hukum Respublika kepada Editor Chief Rezmia Febrina SH MH dan Fadli Yusuf Daeng sebagai sektretaris.

"Ini kabar yang sudah kami tunggu cukup lama. Selama ini belum terakreditasi dan di masa saya ini bisa mendapat akreditasi peringkat lima," katanya.

Dikatakan Dr Fahmi, dengan terakreditasi Jurnal Respublika kedepannya tentu sangat berpengaruh bagi peningkatan akreditasi fakultas hukum. Jurnal Respublika dapat menjadi media/wadah bagi rekan-rekan dosen yang ingin mengirimkan tulisan, karena terkait pengurus pangkat dosen dibutuhkan penulisan jurnal terakreditasi.

"Sejak terakreditasi di Sinta lima menjadi kabar gembira tidak hanya di Riau. Namun juga luar Riau, dosen-dosen baik dari Fakultas hukum maupun di luar Riau bahkan ada yang dari jawa yang berpesan namanya bisa publis di jurnal Respublika" ujar Dr Fahmi.(*)