Kapolsek Kuantan Mudik Iptu Ferry Martianus Fadillah Bakar Habis Delapan Rakit PETI


Dibaca: 1308 kali 
Ahad, 19 Juni 2022 - 23:05:00 WIB
Kapolsek Kuantan Mudik Iptu Ferry Martianus Fadillah Bakar Habis Delapan Rakit PETI https://youtu.be/33HPcrVyiEA

LUBUK JAMBI, HarianTimes.com Polsek Kuantan Mudik Jajaran Polres Kuansing bakar sebanyak 8 (delapan) rakit Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) serentak di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Kuantan Mudik dan Gunung Toar yang berada di bawah wilayah hukumnya.

Dimana operasi tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolsek Kuantan Mudik Iptu Ferry Martianus Fadillah SH dan Kasubsektor Gunung Toar Iptu Mara Enda beserta para Kanit, Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat, Ahad (19/06/2022) siang.

Hal itu dibenarkan Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kapolsek Kuantan Mudik Iptu Ferry Martianus Fadillah SH ketika di konfirmasi HarianTimes.com pada Ahad (19/06/2022) petang di Lubuk Jambi.

Dimana operasi penertiban penambangan emas secara ilegal tersebut, dilakukan berdasarkan adanya informasi warga dan berita yang diterbitkan media terkait keberadaan rakit PETI yang tengah beroperasi di lokasi tersebut.

“Begitu adanya informasi dari warga dan berita yang sudah diterbitkan media, kami langsung memberikan respon dan melakukan operasi ke lokasi yang disebutkan tersebut, dimana sebagai tindak lanjut kami lakukan pemusnahan dengan cara di bakar sehingga tidak dapat di gunakan lagi,” jelas Iptu Ferry.

Dimana kata Iptu Ferry, sesuai berita media online menyampaikan adanya aktivitas PETI di aliran Sungai Kuantan di Desa Pebaun Hulu, Pebaun Hilir dan Bukit Kauman, alhasil pihaknya menemukan sebanyak 2 (dua) unit rakit yang tengah beroperasi di lokasi tersebut.

“Sementara di lokasi kedua, yakni di aliran Sungai Kuantan Desa Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar berdasarkan informasi warga kami temukan sebanyak 6 (enam) rakit PETI, dari penemuan tersebut kami lakukan pemusnahan dengan cara membakar habis agar tidak bisa di gunakan kembali,” tegas Ferry.

Kendati demikian, Kapolsek Iptu Ferry Martianus Fadillah kembali mengingatkan masyarakat terutama para pelaku penambangan emas secara ilegal agar tidak beroperasi lagi di wilayah hukumnya tersebut.

“Jika masih ada yang berani atau coba coba melakukan aktivitas penambangan secara ilegal lagi, kami akan kejar dan musnahkan tanpa ampun, tidak ada toleransi lagi, karena ini merusak Sungai Kuantan dan juga alam beserta isinya,” imbaunya.*