Tiga Helikopter Dikerahkan Padamkan Karhutla di Sejumlah Titik

Edwar: Fokus Melakukan Pemadaman di Sam-Sam dan Dumai


Dibaca: 1039 kali 
Ahad, 12 Agustus 2018 - 15:17:30 WIB
 Edwar: Fokus Melakukan Pemadaman di Sam-Sam dan Dumai BPBD Riau kerahkan jenis Kamov dan satu jenis Bell 214 untuk memadamkan karhutla di sejumlah titik.
Pekanbaru, HarianTimes.Com - Tiga helikopter dikerahkan untuk memadamkan Kabakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi sejumlah titik di wilayah Provinsi Riau. Tiga helikopter tersebut yakni dua jenis Kamov dan satu jenis Bell 214.

"Ada tiga heli dikerahkan hari ini. Ketiganya fokus melakukan pemadaman di Sam-Sam Kandis dan Dumai," sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger melalui pesan whatsappnya, Minggu (12/08/2018).

Menurut Sanger, ketiga helikopter ini diarahkan fokus melakukan pemadaman di daerah Dumai dan Sam Sam Kandis, Kabupaten Bengkalis. Dan pemadaman di Dumai dan Sam Sam Kandis tersebut sesuai dengan hasil pengamatan patroli yang dilakukan tim Karhutla dari Satuan Tugas (Satgas) udara.

"Dalam dua hari terakhir ini ada peningkatan jumlah hotspot di Rokan Hilir (Rohil). Jika sehari sebelumnya terdapat 31 hotspot, Minggu (12/08/2018) ini bertambah menjadi 33 titik. Jumlah hotspot di Rohil jauh lebih banyak dibanding daerah lainnya, termasuk Dumai yang hari ini hanya terpantau 1 titik saja. Tapikan kami yang lebih tahu dari hasil pemantauan patroli itukan. Kalau banyaknya iya Rohil, tapi itukan bukan indikator," ujar Sanger.

Disisi lain, Sanger juga mengatakan khusus hari ini, masih ada dua helikopter tak bisa diterbangkan. Pertama karena sedang dalam perawatan (maintenance). Kemudian satu lagi sedang libur (of crew).(*/ron)