Kanal

Ciptakan Perempuan yang Kreatif dan Inovatif, IKWI Riau Gelar Pelatihan Hidroponik

Pekanbaru, Hariantimes.com - Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Riau menggelar pelatihan hidroponik, Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung di MAN 2 Pekanbaru, Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru ini menghadirkan praktisi hidroponik Nurriza, Guru Fisika di MAN 2 Pekanbaru.

Kegiatan yang diikuti para istri wartawan dan juga wartawati anggota PWI Riau ini mengusung tema, 'Menciptakan Perempuan yang Kreatif dan Inovatif melalui Pelatihan Keterampilan untuk Keluarga Wartawan'.

Pada kesempatan itu, Ketua IKWI Riau Hj Hastuti Salta yang didampingi Sekretaris Fathia Ulfa dan Bendahara Sri Mulyani mengungkapkan, latihan ini sangat bermanfaat khususnya untuk anggota IKWI.

Bisa membantu perekonomian keluarga atau paling tidak hasil panen bisa dikonsumsi sendiri untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

"Saya berharap kita semua bisa fokus mengikuti pelatihan hidroponik ini, karena sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan," ujar Hastuti Salta.

Pada kesempatan itu, Nurriza tak hanya menyampaikan, teori saja tetapi juga langsung menunjukkan cara bertanam hidroponik sederhana yang mudah diaplikasikan ibu-ibu di rumah.

Nuriza juga menunjukkan step by step hidroponik di air yang tidak mengalir.

Mulai alat-alat yang dibutuhkan, membuat media, menumbuhkan bibit, memindahkan ke wadah hingga cara panen.

Pada kesempatan itu, Nurriza menjelaskan, hidroponik merupakan cara bertanam atau bertani tanpa tanah tapi menggunakan media air. 

Hidroponik ada yang dilakukan dengan air mengalir dan juga air tidak mengalir. 

Air mengalir pertumbuhan lebih cepat dari yang tidak mengalir. Tetapi air yang tidak mengalir lebih mudah dan sederhana bagi pemula.

Jadi, para ibu yang ingin memulai hobi hidroponik bisa melakukan dengan air tidak mengalir.

Untuk tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik kebanyakan adalah sayur-sayuran, seperti pokcoy, bayam merah, bayam hijau, bayam brazil, kangkung, kailan, pagoda, daun mint, dan sayuran lain.

Nurriza juga menekankan pentingnya sinar matahari dalam hidroponik agar tanaman cepat tumbuh dan berkembang dengan cepat.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler