Kanal

Bekas Kantor Camat Sungai Apit Disulap Jadi Kawasan RTH

Siak, Hariantimes.com - Bekas Kantor Camat Sungai Apit disulap menjadi Kawasan ruang terbuka hijau (RTH).

Taman seluas 2.800 meter persegi yang tidak jauh dari Pelabuhan Pasar Sungai Apit tersebut, langsung ditinjau Bupati Siak Alfedri bersama Kepala Dinas PU Tarukim Irving Kahar kesiapannya beberapa waktu lalu.

Bupati Siak Alfedri menuturkan, yaman yang pembangunannya sudah selesai sejak tahun 2019 lalu, menggunakan anggaran senilai Rp862 juta. Dulunya lokasi tersebut disibukkan oleh aktivitas pemerintahan, sekrang dialihkan menjadi titik berkumpulnya anak-anak untuk bermain dan berolahraga. 

"Kita sudah melihat taman di Sungai Apit, untuk beberapa sarana yang masih kurang akan dilengkapi nantinya oleh dinas terkait," kata Alfedri.

Kini, kata Alfedri, masyarakat kampung juga bisa merasakan memanfaat ruang terbuka hijau seperti yang ada di pusat Kabupaten Siak. Salah satunya untuk pemasukan ekonomi bagi masyarakat setempat.

"Dengan adanya ruang bermain terbuka ini, orang akan datang selalu di waktu pagi dan sore. Tentunya mereka juga akan menikmati jajanan ringan. Masyarakat bisa melihat peluang ini untuk berjualan makanan atau yang lainnya," kata Bupati.

Ruang terbuka hijau ini, kata Bupati, hampir merata ada di setiap Kecamatan. Warga setempat harus dapat menjaga taman dan tempat bermain tersebut. 

"Keberadaan RTH ini menjadi salah satu upaya mewujudkan Kabupaten Siak sebagai tujuan wisata di Pulau Sumatera. Makanya pembangunan tempat-tempat wisata harus dilakukan secara merata," imbuh Alfedri.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler