Kanal

dr Zarneti: Semua Rokok Itu Sama

Siak, Hariantimes.com - Rokok bukan hanya menyebabkan kanker paru-paru, tetapi penyakit lain juga muncul.

Penyakit tersebut bisa muncul mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut.

Seperti katarak, kulit keriput, penyakit jantung, kanker, keguguran, bentuk sperma rusak hingga osteoporosis.

Hal tersebut disampaikan dr Zarneti Aziz SPP, salah satu narasumber pada acara Sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR), di Aula rapat kantor Bupati Siak, Rabu (18/12/2019).

Di dalam sebatang rokok, beber Zarneti Aziz, terdapat bahan-bahan berbahaya. Seperti tar nikotin, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Asap rokok mengandung 4.000 jenis senyawa  kimia, 400 zat berbahaya dan 43 zat penyebab kanker.

"Ternyata tulisan rokok menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, kerusakan kehamilan dan kanker dikemasan rokok tersebut, tidak cukup efektif untuk membuat orang berhenti merokok. Bahkan pasien saya sendiri yang sudah sakit paru kronis pun masih saja merokok, bagaimana mau sembuh," cetus dokter spesialis paru RSUD Tengku Rafian ini.

Namun Zarneti Azis tak pernah bosan untuk mengajak dan mengedukasi pasiennya agar segera berhenti merokok. Termasuk rokok elektrik (vape) maupun rokok herbal, sangat tidak direkomendasikan dalam bidang kesehatan.

"Semua rokok itu sama. Baik yang pakai filter, kretek dan vape, semuanya itu hanya mengalihkan cara tapi tidak memperbaiki kesehatan," katanya.

Menurutnya, perda KTR ini terus disosialisasikan kemasyarakatan dan diuji coba, serta diimplementasikan. Sehingga semua masyarakat tahu bahwa saat ini Kabupaten Siak sudah ada Perda KTR yang memiliki aturan hukumnya.

Istri dari dokter Jondri Akmal ini menyampaikan, pihak Kementerian Kesehatan membuat layanan Quitline untuk berhenti merokok di nomor 08001776565 gratis untuk semua lapisan masyarakat. Layanan ini berupa konseling melalui telepon bebas biaya pulsa, dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.(*)



Editor: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler