Kanal

Buaya Sepanjang 2,5 Meter Masuk ke Kampung Merempan

Siak, Hariantimes.com - Warga Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak dikejutkan dengan munculnya seekor buaya, Rabu (04/09/2019).

Buaya Muara (Crocodylus porosus) sepanjang 2,5 meter dan lebar 50 centimeter dengan jenis kelamin jantan ini naik ke darat, kemungkinan besar mengalami dislokasi atau tersesat. Sehingga naik ke daratan. 

"Habitat umumnya berada di dekat muara sungai yang berbatasan langsung dengan lautan. Jika Buaya terus berenang ke hulu, maka biasanya mengalami dislokasi," sebut Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono kepada media, Rabu (04/09/2019).

Mendapat laporan ada seekor buaya naik ke darat di pemukiman penduduk, epatnya di dekat SD 04 Kampung Merempan Hilir tersebut, Balai Besar KSDA Riau langsung menurunkan Tim Rescue ke lokasi. Dan saat sampai di lokasi, buaya telah ditangkap oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) dan ditempatkan di kantor Dinas Damkar. Akhirnya Dinas Damkar melakukan serah terima kepada petugas Balai Besar KSDA Riau pada hari yang sama. 

"Buaya langsung diamankan di kantor Bidang KSDA Wilayah 2 untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk. Dan kami menyampaikan terima kasih atas kerjasama  Dinas Damkar yang telah sigap dalam melakukan tindakannya," ujar Suharyono.(*)


Editor : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler