Kanal

Sukiman: Diharapkan Perhatian dan Kerjasama Lintas Sektor

Rohul, Hariantimes.com - Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap upaya pencegahan gangguan tumbuh kembang (Stunting) melalui peningkatan kesehatan mulai dari remaja selaku cikal bakal keluarga.

Di dalam pencegahan Stunting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu perbaikan sanitasi dan akses air bersih. Selanjutnya, Posyandu sebagai Garda terdepan dalam pelayanan kesehatan bayi dan balita di masyarakat sesuai dengan tujuan dibentuknya Posyandu yakni untuk percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) atau angka kematian bayi (AKB) melalui pemberdayaan masyarakat. 

"Untuk mencapai itu semua, diharapkan perhatian dan kerjasama lintas sektor dan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya penurunan angka Stunting tersebut," kata Bupati Rokan Hulu H Sukiman saat  membuka Kegiatan Orientasi Penguatan Posyandu Dengan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting Tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang digelar di Hall Islamic Center Pasir Pengaraian, Jumat (30/08/2019).

Kegiatan ini ihadiri Ketua TP-PKK Rokan Hulu Hj Peni Herawati Sukiman, Perwakilan Diskes Rohul, Camat Se Rohul, Kepala Desa, Puskesmas se Rohul dan Peserta Orientasi.

Menurut Sukiman, Stunting itu disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi diri sendiri dan kesakitan pada bayi, karena kurangnya asupan gizi. Pada kondisi ini, mengakibatkan anak akan mengalami keterlambatan di dalam perkembangannya dan beresiko mengidap penyakit metabolik dan degeneratif.

Pada kesempatan itu, Ketua TPbPKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman menyampaikan, upaya yang dilakukan Pemkab untuk menanggulangi stunting khususnya upaya pencegahan stunting melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Dikatakan Peni, untuk menurunkan dan menanggulangi Stunting di Rokan Hulu dapat dilaksanakan secara berkesinambungan melalui pemberdayaan masyarakat. 

"Saya berharap kepada peserta orientasi agar mengikuti kegiatan ini, dengan harapan penguatan Posyandu ini semoga dapat mewujudkan anak-anak Rohul menjadi anak yang cerdas, tangguh dan siap untuk berkompetisi," harap Peni.(*)


Editor : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler