Kanal

Kukuhkan Paskibra, Bupati Siak Ikatkan Kendit Kecakapan

Siak, Hariantimes.com - Sebanyak 30 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera Merah Putih pada upacara kemerdekaan RI ke-74 tingkat Kabupaten Siak  di Lapangan Tugu Depan Istana Siak, dikukuhkan pada Kamis (15/08/2019) malam.

Pengukuhan dilakukan oleh Bupati Siak Alfedri dengan mengikatkan kendit (Sabuk Khusus) kecakapan kepada anggota Paskibra.

Anggota Paskibra tingkat kabupaten tersebut merupakan pelajar yang terpilih berasal dari empat belas kecamatan se Kabupaten Siak. Mereka adalah putra-putri terbaik Siak  hasil seleksi yang diadakan beberapa waktu lalu oleh dinas terkait.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Pj Sekda Kabupaten Siak Jamaluddin, Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta Kepala SKPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Siak.

Dalam amanatnya, Bupati Siak menyampaikan, anggota Paskibra adalah putra-putri terpilih untuk mengemban tugas sejarah sebagai anggota Paskibra pada tahun 2019.

“Adik-adik saya kukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera l. Pengukuhan ini bermakna bahwa Paskibra berjiwa kestria, bertanggungjawab dan rela berkorban untuk ibu pertiwi,” ujar Alfedri.

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Siak yang dilakukan pada malam hari ini merupakan salah satu wadah yang dimaksud bagi para pemuda berkategori pelajar untuk mengaktualisasikan dirinya terhadap rasa cinta tanah air dan bela negara.

"Sebagai Pasukan Pengibar Bendera adik-adik semua ditempa, digembleng, dibina baik secara fisik maupun mental agar semakin tangguh, disiplin, dan berkarakter," ujar Bupati seraya juga berpesan agar seluruh anggota Paskibraka Siak melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya, tetap menjaga kesehatan agar tugasnya berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Dispora Syahrudin mengatakan, anggota paskibra Kabupaten Siak  adalah hasil seleksi dari siswa-siswi terbaik yang berasal dari sejumlah Kecamatan yang telah dilakukan seleksi sejak Juli 2019 lalu.

“Setelah melalui tahapan seleksi maka terpilihlah 30 orang menjadi paskibra. Mereka sejak awal Agustus dilatih oleh para pelatih gabungan dari Polres Siak  dan anggota TNI AD,” kata Syahrudin.

Pasukan paskibra itu sudah menjalani masa karantina guna pemantapan dan latihan berbagai kemampuan seperti latihan baris berbaris, pengibaran dan penurunan sang saka Merah Putih, tes kesehatan jasmani rohani dan pengetahuan umum.(*)


Editor  : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler