Kanal

Bagus Santoso Disuguhi Jatilan Kuda Lumping

Rohul, HarianTimes.Com - Wakil Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia Riau (Pepadi) Bagus Santoso keliling kampung transmigrasi edisi ke-9. Lokasi yang dituju yakni Desa eks transmigrasi Sikebai Jaya, Kecamatan Rokan 4 Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.

Dalam momen ini, Bagus Santoso disuguhkan seni dan budaya tradisional Jatilan Kuda Lumping. Pagelaran seni dan budaya hanya milik daerah tertentu, yang memang warganya masih mempertahankan seni dan budaya sacara turun temurun.

Kehadiran Bagus Santoso bersama Kades Slamet Pohan serta perangkat desa Yanto, sesepuh dan tokoh masyarakat Trisno Wiyoto, Wasito, Mbah Kadimun, Maskur dan pemuda, menambah meriah dan mistiknya seni Jatilan yang berasal dari Boyolali Solo.

Dalam sambutannya, Bagus Santoso yang juga Bacaleg DPR RI ini mengatakan, seni Jatilan kuda lumping semakin mendapat tempat di hati masyarakat eks transmigrasi. Karena sudah menjadi ajang hiburan dan dan komunikasi menyambung peseduluran.

“Seni dan budaya tak akan pernah terhenti dan mati, karena didalamnya ada semangat dan jati diri, maka kewajiban kita bersama melestarikannya, “ imbuh Bagus melalui release yang diterima media ini, Senin (20/08/2018).

Rangkaian malam puncak acara HUT RI di Sekebai Jaya dimeriahkan dengan sorak dan tepuk tangan atas penampilan seni Jatilan Kuda Lumping Puji Aji dibawah binaan Mbah Warto dan Man Wasis. Dengan mementaskan 9 barisan penari dalam puncak mistis serentak hormat bendera sang saka merah putih.

Pada momentum HUT RI ke-73 ini Bagus Santoso mengajak warga mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjasa dalam memperjuangkan Bangsa Indonesia.

“Mari kita tunjukkan semangat dalam membangun desa. Apalagi sekarang zaman teknologi, peran generasi muda sangat penting dalam mengisi kemerdekaan ini," pungkas Bagus

Selain Seni jatilan, acara puncak HUT RI juga disemarakkan dengan penampilan remaja dan ibu-ibu dengan mengadakan senam massal yang memberikan hiburan dan olah raga bagi warga sekampung.(rls/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler