Kanal

Rosti Uli Purba Optimis Bisa Kembali Melenggang ke Senayan

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kendati masih menunggu perhitungan suara sah dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rosti Uli Purba sejauh ini sudah melebihi 100 ribuan suara.

Namun berdasarkan perhitungan tim, anggota DPD/MPR RI Petahana
ini pun optimis bisa kembali melenggang ke Senayan.

Hal ini terungkap dalam acara silaturahmi Rosti Uli Purba SKom dengan puluhan wartawan media cetak dan elektronik di Posko Pemenangan Rostiuli Jalan Durian Pekanbaru, Senin (29/04/2019).

"Perolehan total suara saya belum bisa saya pastikan berapa jumlahnya. Saya bersama tim masih menunggu perhitungan suara sah dari KPU. Akan tetapi dari perhitungan tim, sudah melebihi 100 ribuan suara," ujarnya. 

Meski hasil yang diperoleh sejauh ini masuk dalam kelompok 4 besar, sebut Rosti Uli, namun Senator asal Riau ini mengajak masyarakat Riau bersabar menunggu hasil hitungan KPU yang akan diumumkan pada 22 Mei 2019 mendatang.

"Ini saya sampaikan agar tidak terjadi persepsi negatif yang bisa menyebabkan pemberitàan tak sesuai kenyataan alias hoax," ungkap isteri almarhum Kepala Dinas Kehutanan Inhil SM Silaban tersebut.

Rosti Uli berharap dengan selesainya pesta demokrasi yang digelar sekali dalam 5 tahun tersebut, masyarakat Indonesia kembali bersatu. Sebab dalam demokrasi, perbedaan pilihan merupakan hal biasa. 

"Artinya siapapun yang terpilih menjadi pemimpin negara dan wakil rakyat, kita mesti terima dengan ikhlas," katanya.

Pada bagian lain, anggota DPD/MPR RI petahana ini mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Riau yang telah memberikan hak suaranya di TPS pada 17 April 2019 lalu. 

"Saya mengapresiasi TNI/Polri yang telah mengamankan pesta demokrasi sehingga bisa berjalan aman, damai dan sejuk, kendati ada beberapa TPS yang melaksanakan PSU dan PSL," ujarnya.

Lantas, bagaimana gambaran perolehan suara calon anggota DPD lainnya bila dibandingkan dengan Pemilu 2014 lalu? Rosti Uli menuturkan, perolehan suara calon DPD tahun ini hampir merata. Dikatakan, tahun 2014 total jumlah suara yang ia peroleh sebanyak 197 ribuan lebih. 

"Perolehan suara calon anggota DPD pada Pemilu kali ini hampir merata. Hal ini terjadi kemungkinan karena jumlah DPT yang menyusut dibanding Pilgubri tahun lalu", timpal Sonny Silaban, salah satu tim sukses Rosti Uli.

Sementara anak kandung Rosti Uli Purba, Sonny mengungkapkan, di Kota Pekanbaru sendiri perolehan suara Rostiuli mengungguli calon anggota DPD lainnya, yakni sebanyak 30 ribuan lebih. 

" Saya menilai kinerja KPU kali ini cukup baik, hanya saja belum matang. Mungkin karena anggota KPU nya banyak yang baru. Sehingga ketika berhadapan dengan masyarakat di lapangan sedikit agak kewalahan", ujar Sonny.

Ditanya mengenai formulir C1 yang merupakan gambaran hasil suara yang diperoleh, Sonny mengaku pihaknya sudah ia dapatkan dari tim yang ada di lapangan. 

"Tim kita saat ini masih bekerja di lapangan untuk mengawal perolehan suara yang kita peroleh. Teman-teman wartawan juga memiliki peranan penting dalam mengawal demokrasi", ucap Sonny.

Sementara DR Wahyu tim sukses Rostiuli lainnya, berharap perolehan suara Srikandi asal Riau ini bisa mendapat hasil yang baik. Ia menilai Pemilu kali ini terbagi dua kelompok. Yakni pemilih promordial dan pemilih rasional.(fin)

Berita Terkait

Berita Terpopuler