Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Bupati Kuansing H Mursini membu" />
 
Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 24 Agustus 2020
 
Bupati Mursini Buka Musrenbang RKPD di LTD dan Pangean
Pemkab Kuansing Ingin Percepatan Pertumbuhan Perekonomian Bisa Tercapai
Selasa, 11 Februari 2020 - 23:08:41 WIB
Bupati Kuansing H Mursini saat Musrenbang RKPD Kabupaten Kuansing Tingkat Kecamatan di LTD dan Pangean

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Bupati Kuansing H Mursini membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kuantan Singingi tingkat kecamatan tahun anggaran 2021 di Logas Tanah Darat (LTD) dan Pangean pada Selasa (11/2/2020).

Kedatangan Bupati Mursini disambut dengan pengalungan bunga yang disaksikan oleh Camat LTD H Rian Fitra Yulianda dan Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, para Upika, Kades, Ketua BPD serta jajaran, tokoh serta seluruh tamu undangan.

Bupati Mursini, saat tiba di lokasi kegiatan tampak didampingi oleh Sekda Kuansing H Dianto Mampanini, Waka I DPRD Kuansing Zulhendri, Anggota DPRD Kuansing dari dapil 2, seperti Darwis, Solehudin, Aswimar, Sastra Febriawan dan H Suprigianto, para Kepala OPD, Kabag, serta sejumlah komponen jajaran dilingkup Pemkab Kuansing lainnya.

Sebelum membuka Musrenbang RKPD tingkat kecamatan di Pangean, Bupati Mursini juga melakukan hal yang sama di Kecamatan LTD pada Selasa pagi nya. Dalam arahannya saat itu, Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Kuansing, terus berupaya meningkatkan pendapatan petani karet. Baik dari segi kualitas maupun harga jualnya.

Dimana kata Bupati, berbagai langkah terus dilakukan Pemkab Kuansing. Seperti yang sudah pernah dilakukan di beberapa kecamatan adalah dengan cara melelang karet bersih petani melalui gabungan kelompok tani yang ada. 

Pola ini, lanjut Bupati, bila berhasil dilakukan, bisa menaikkan harga jual karet hingga mencapai 2.000 - 2.500 per kilo gramnya bila dibandingkan petani menjual kepada pedagang pengumpul. 

Selain memperhatikan nilai jual karet petani, kedepannya Pemkab Kuansing, juga berencana memperhatikan kualitas karet bagi petani dengan memberikan bantuan pupuk.

Dibeberkan Bupati Mursini, Ia mengatakan bahwa sejak 8 tahun terakhir harga karet di Kuansing anjlok dan tidak pernah mengalami kenaikan di kalangan petani. Terkait hal ini, Pemkab Kuansing menurutnya, selalu memikirkan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

"Sekarang di Teluk Kuantan sudah ada pasar lelang karet, Saat ini sudah ada pasar lelang yang mampu menaikkan harga jual karet mencapai Rp2000 sampai Rp 2.500," jelas Bupati seraya mengharapkan kepada petani yang belum memiliki kelompok tani segera membentuk kelompok dan bergabung ke dalam pasar lelang karet tersebut.

Karena itu, kedepannya akan di buat titik - titik lelang karet di tiap Kecamatan, tidak hanya terfokus di ibu kota Teluk Kuantan saja, sehingga peningkatan harga karet melalui sistem lelang ini dampaknya dapat dirasakan semua petani, khususnya petani karet di Kuansing.

Kemudian langkah kedua kata Bupati, Pemkab akan berupaya memberikan bantuan pupuk. Bagi petani yang memiliki luas lahan karet di bawah 2 Ha juga melalui kelompok tani.

Selanjutnya, kepada seluruh Kades Bupati juga menghimbau, supaya mendukung program tersebut, yakni melalui Dana Desa untuk pembelian pupuk ini, sebab itu menurutnya diperbolehkan.

Sementara Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra dalam sambutannya menyampaikan sejumlah aspirasi masyarakat, dimana ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Kuansing sehingga dapat mensejahterakan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat, diantaranya Pengaspalan Jalan, Pembangunan Turap, Pembangunan Kantor Kepala Desa, Pembangunan Drainase, Peningkatan Jalan, Rehabilitasi Ruang Kelas, dsb.

"Sejauh ini, masih ada 5 desa yang belum memiliki kantor kepala desa. Diantaranya, Desa Padang Kunyit, Pembatang, Pauh Angit Hulu, Pulau Tengah, dan Pulau Deras. Hal ini sangat dibutuhkan agar pelayanan administrasi masyarakat bisa lebih ditingkatkan lagi kedepannya," ujar Camat.

Disamping itu, tambahnya, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat juga dibutuhkan pembangunan Rumah Layak Huni atau RLH. Ia mengatakan bahwa sedikitnya desa di Kecamatan Pangean yang sangat membutuhkan pembangunan RLH ini, diantaranya Desa Koto Pangean sebanyak 5 unit dan Desa Pulau Rengas sebanyak 6 unit," pinta Camat.

"Masyarakat sangat berharap, hal ini bisa terealisasi oleh Pemda Kuansing hendaknya di tahun anggaran akan datang," ucap Mahviyen. ***


Editor/Penulis : Dt Hendra RP



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Kuansing Ingin Percepatan Pertumbuhan Perekonomian Bisa Tercapai
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Edwin: Lahan Masyarakat dengan Indikasi Unsur Kesengajaan
    02 RAPP Kampanyekan "Dari Sampah Menjadi Berkah dan Emas"
    03 Zapnil Helmi : Gubri Berikan Bantuan 220 Ribu Benih Ikan
    04 Gubri : Semoga Porprov Nanti Bisa Berkontribusi Terhadap Masyarakat
    05 Silaturahmi Masyarakat Baserah Untuk Percepatan Pembangunan
    06 Desa Ujung Tombak Pembangunan, Jhon Pitte Alsi : Jangan Minder Dengan Media
    07 LPMP Tunjuk SMPN 34 Pekanbaru Sebagai Sekolah Model SPMI
    08 Jokowi: Saya Akan Terus Bagikan ke Rakyat Kecil
    09 Kunni: bukan Mengerdilkan Diri, Apalagi Bersaing dengan Lelaki
    10 Menteri Siti: Negara Tidak akan Lemah Pada Penjahat Lingkungan
    11 Syamsidir Atan Mandau Terpilih Lewat Jalan Musyawarah Mufakat
    12 Dewan Pers Berikan UKW Gratis untuk 480 Wartawan
    13 Atal S Depari: Kami Menolak Adanya Pasal 18 Ayat (4)
    14 29 Februari, PWI akan Gelar Porwada Catur
    15 PWI Meranti Gelar Pelatihan Jurnalistik Industri Hulu Migas
    16 Karantina Wilayah Kerja Selatpanjang Musnahkan 681 Kg Buah Asal Malaysia
    17 Presiden Jokowi: Kalau Mereka Ngurus Izin, Tolong Dipermudah
    18 Amril: Tolong Jaga Marwah Organisasi
    19 M Nuh: Proses Verifikasi Faktual SMSI Sedang Proses Tahap Akhir
    20 Dispar Riau Sosialisasikan Pergub Pembentukan BRCN
    21 Sabtu, DPD Kosgoro 1957 Pekanbaru akan Dilantik
    22 Ratna: Setiap Desa Agar Memiliki Dasa Wisma
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public