Instruksikan Kadis Parbud, Plt Bupati Suhardiman Minta Masjid Koto Inuman Jadi Wisata Religius


Dibaca: 1320 kali 
Rabu, 27 April 2022 - 23:45:00 WIB
Instruksikan Kadis Parbud, Plt Bupati Suhardiman Minta Masjid Koto Inuman Jadi Wisata Religius Foto : Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby Ketika Memberikan Arahan Dalam Pelaksanaan Penutupan Safari Ramadhan Pemda Kuansing 1443 H / 2022 M di Masjid Besar Syekh Imam Shaleh Desa Lebuh Lurus Kecamatan Inuman, Rabu (27/04/2022) Malam.

INUMAN, HarianTimes.com Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM secara resmi menutup Safari Ramadhan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuantan Singingi 1443 H / 2022 M di kampung halamannya, bertempat di Masjid Besar Syekh Imam Shaleh Desa Lebuh Lurus Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Rabu (27/04/2022) malam.

Dimana dalam kesempatan ini, Plt Bupati H Suhardiman Amby didampingi langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kuansing H Dedy Sambudi SKep SKM MKes, Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kuansing Zulhendri SPWK, Kapolres Kuansing diwakili Kapolsek Cerenti Iptu Irwan Fikri SSos, Dandim 0302 Inhu diwakili Danramil 06/ Cerenti Kapten Arh Adilman Sihombing, Ketua MUI Kuansing H Bakhtiar Saleh SAg MH, Ketua Baznas Kuansing Drs H Chaidir Arifin, Kakan Kemenag Kuansing Drs H Jisman MA, Plt Ketua TP PKK Kuansing Hj Yulia Suhardiman dan Ketua DWP Kuansing Hj Susilawati Sambudi, Tokoh Masyarakat Kuansing asal Kecamatan Inuman Aherson SSos beserta para Asisten, Kepala OPD dan Kabag dilingkungan Pemkab Kuansing.

Dalam arahannya, Plt Bupati H Suhardiman Amby menyampaikan, bahwa jalan utama yang menghubungkan antar kecamatan di wilayah Kecamatan Inuman bagian seberang secara keseluruhan akan di lakukan pengaspalan pada tahun depan.

“Sepanjang jalan yang melintasi mulai dari perbatasan Kecamatan Kuantan Hilir Seberang - Inuman - Cerenti, berakhir di Desa Pulau Jambu akan diaspal keseluruhannya pada tahun 2023 mendatang, dimana anggaran dana atau uangnya sudah dianggarkan dan tersedia, tinggal lagi penggunaan nantinya,” jelas Suhardiman Amby.

Lebih lanjut, Suhardiman Amby yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam itu mengatakan, beliau menginginkan Kabupaten Kuansing selain memiliki pariwisata budaya pacu jalur, juga punya situs pariwisata religi ke depannya.

“Pak Kadis Pariwisata tolong nanti dijadikan Masjid Koto Inuman yang penuh sejarah religi itu sebagai salah satu pariwisata religius Kabupaten Kuantan Singingi, ini penting untuk menunjang perekonomian masyarakat, dengan cara itu nantinya wisatawan religi bisa berkunjung ke kabupaten kita ini, selain tujuan pariwisata budaya pacu jalur tersebut,” tegas Suhardiman Amby yang selalu didampingi istri tercintanya Hj Yulia Suhardiman.

Menanggapi instruksi pimpinannya tersebut, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kuansing Drs Azhar MM CPM langsung mengiyakan, dan berjanji akan langsung menindaklanjuti perintah Plt Bupati H Suhardiman Amby.

“Siap Pak Bupati, segera ditindaklanjuti,” sahut Azhar dengan cekatan atas perintah sang orang nomor satu di Kabupaten Kuansing tersebut.

Sebelumnya, Camat Inuman Arifin SE juga mengusulkan sejumlah aspirasi masyarakat sebagai penunjang perekonomian warga, salah satunya berupa jalan utama yang menghubungkan Desa Lebuh Lurus hingga jembatan penyeberangan Sungai Kuantan (Indragiri) yang menghubungkan dengan desa-desa yang berada di bagian seberang Kecamatan Inuman.

“Saya atas nama masyarakat Kecamatan Inuman, bermohon kepada Pak Bupati H Suhardiman Amby agar dilakukan pengaspalan jalan penghubung menuju jembatan yang menghubungkan Kecamatan Inuman dengan desa desa yang berada di bagian seberang sapanjang 1,5 KM, dimana ini sangat diperlukan dikarenakan jalan ini adalah akses utama yang dilintasi masyarakat, sekaligus merupakan penopang perekonomian masyarakat khususnya Inuman, mohon segera di kabulkan hendaknya,” pinta Arifin.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati H Suhardiman Amby kembali menyalurkan bantun dana hibah Pemda Kuansing untuk pembangunan tempat ibadah, bantuan jompo, fakir miskin, serta anak yatim se-Kecamatan Inuman.*