Plt Bupati Suhardiman: Pacu Jalur di Baserah Juga di Meriahkan Dengan Lomba Kebudayaan


Dibaca: 1465 kali 
Selasa, 26 April 2022 - 23:01:00 WIB
Plt Bupati Suhardiman: Pacu Jalur di Baserah Juga di Meriahkan Dengan Lomba Kebudayaan Foto : Istimewa

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM instruksikan Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi SIP segera membentuk kepanitiaan pelaksanaan Pacu Jalur Iven Kebudayaan di Baserah Kecamatan Kuantan Hilir yang akan di laksanakan pada tanggal 14 hingga 17 Agustus 2022 mendatang.

Dimana hal ini tinggal beberapa bulan lagi untuk melaksanakan iven tersebut, serta segala sesuatu hal yang akan diperlombakan nantinya harus sudah dipersiapkan dengan matang sejak sedini mungkin, sehingga pelaksanaan nantinya terkemas dengan baik dan bagus dan mempunyai daya pikat bagi wisatawan yang hadir nantinya.

Instruksi itu diutarakan Plt Bupati Kuantan Singingi H Suhardiman Amby disela prosesi pelaksanaan Safari Ramadhan Pemda Kuansing 1443 H / 2022 M di Masjid Al Mukhlisin Desa Kampung Medan Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Senin (25/04/2022) malam.

“Pak Camat, usai lebaran hari raya idul fitri tolong segera di bentuk kepanitiaan untuk pelaksanaan Pacu Jalur Iven Kebudayaan yang akan di laksanakan di Baserah ini nantinya, sehingga kesiapan untuk segala sesuatunya terkemas dengan baik dan bagus, serta harus memiliki daya pikat sehingga bisa mendatangkan wisatawan untuk menonton pacu jalur di Tepian Lubuok Sobae Basogha ini nantinya,” tegas Suhardiman Amby.

Selain itu, Plt Bupati Suhardiman Amby juga menegaskan agar kepanitiaan ini nantinya diikut sertakan Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, lakukan koordinasi dengan Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion SSos dalam pembentukan kepanitiaan dan pelaksanaan kegiatan nantinya.

“Pada pelaksanaan Pacu Jalur ini nantinya, tolong juga di kemas dengan pertunjukan kebudayaan lainnya, yang memiliki ciri khas daerah asli disini, seperti lomba randai, dan juga memamerkan makanan atau kuliner ciri khas daerah kita ini, sehingga memiliki daya tarik terhadap wisatawan yang menonton pacu jalur ini nantinya, dan upayakan sekalian kegiatan iven religi seperti khatam al qur’an di hari yang sama sehingga wisatawan yang datang tidak hanya semata mata untuk menyaksikan pacu jalur, namun juga ada iven budaya lainnya yang mencerminkan daerah kita adalah daerah budaya,” pinta Suhardiman Amby.

Menanggapi perintah dari pimpinannya itu, Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi SIP mengiyakan dengan ucapan, “Siap dilaksanakan sesuai instruksi Pak Bupati,” ucapnya singkat seraya menganggukan kepala.

Dengan cekatan, Camat Kuantan Hilir menyambut instruksi orang nomor satu di Kabupaten Kuansing H Suhardiman Amby itu, menjelaskan bahwa masyarakat Baserah khususnya Kecamatan Kuantan Hilir sangat siap untuk pelaksanaan iven kebudayaan ini nantinya.

“Setelah lebaran nanti, kami akan sesegera mungkin melaksanakan perintah untuk pembentukan panitia pelaksana pacu jalur ini nantinya, mohon arahan juga pak bupati terhadap segala sesuatu yang akan di masukan dalam agenda kegiatan pelaksanaan pacu jalur yang akan kita gelar selama 4 hari nantinya,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Camat LTD yang akrab disapa Pitte itu seraya mengakhiri.*