Wakili Plt Bupati Suhardiman, H Maisir: Pemerintah Selalu Berupaya Hadir di Tengah Masyarakat


Dibaca: 1170 kali 
Kamis, 21 April 2022 - 05:46:35 WIB
Wakili Plt Bupati Suhardiman, H Maisir: Pemerintah Selalu Berupaya Hadir di Tengah Masyarakat Foto : Asisten II Setda Kuansing H Maisir Menyerahkan Bantuan Dana Hibah Pemda Kuansing Untuk Pembangunan Tempat Ibadah di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kamis (21/04/2022) Malam.

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Dalam rangka pelaksanaan Safari Ramadhan Pemerinah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion SSos menyampaikan aspirasi masyarakat untuk mengatasi dampak genangan banjir yang selalu menghantui masyarakat di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang di saat musim hujan tiba.

Dimana dampak banjir ini terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi di bagian hulu Sungai Kuantan (Sungai Indragiri), yang mengakibatkan ratusan hektare lahan persawahan di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang terendam, dan kali ini mengakibatkan terancamnya padi warga yang baru saja dimasa bercocok tanam beberapa waktu lalu.

Dimana kata Camat Novrion, hal ini juga diakibatkan oleh kondisi Sungai Muaro yang merupakan saluran masuk dan pembuangan air utama dari dan ke Sungai Kuantan (Sungai Indragiri) selama ini.

“Selama terjadinya banjir beberapa hari belakangan akibat curah hujan yang tinggi sebanyak 255 rumah di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang terdampak rendaman banjir, namun berkat kebijakan seorang pimpinan daerah, yakni Plt Bupati Kuantan Singingi Pak Suhardiman Amby, seketika bantuan banjir langsung disalurkan dan masyarakat yang terdampak banjir Alhamdulillah terbantu, untuk itu atas nama masyarakat saya ucapkan terimakasih atas kepeduliaan bapak,” kata Novrion.

“Untuk mengatasi dampak dan resiko banjir di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang ini, yaitu salah satunya saluran pembuangan air yang bagus atau baik, dengan dilakukannya normalisasi Sungai Muaro yang bermuara di Desa Tanjung Putus. Dimana sungai ini langsung mengalirkan ke Sungai Kuantan,” jelas Novrion menjelaskan.

Dalam Safari Ramadhan yang juga dihadiri oleh Plt Ketua TP PKK Kuansing Hj Yulia Suhardiman ini, Camat Novrion juga menjelaskan luasan lahan persawahan yang terdampak banjir di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang.

“Akibat rendaman banjir tersebut, 403 hektare lahan persawahan yang sudah ditanami padi terdampak dan mengakibatkan padi terancam mati dan gagal tanam pada musim ini, dimana luasan yang terendam 403 hektare ini dari jumlah keseluruhan 514 hektare lahan persawahan yang ada di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang,” jelas Novrion.

Hal ini, sambung Novrion, diharapkan adanya solusi sebagai jalan keluar agar masyarakat petani yang lahan persawahannya terdampak ini bisa terbantu nantinya.

“Kami berharap, ada solusi sebagai jalan keluar untuk masyarakat sehingga dapat terbantu lahan persawahan masyarakat yang terdampak akibat rendaman banjir ini hendaknya,” ulas Novrion.

Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM dalam arahannya yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kuansing, Ir H Maisir menegaskan, bahwa sesungguhnya pemerintah daerah akan selalu hadir dan komit dalam melakukan pembangunan serta untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Pak Plt Bupati Kuantan Singingi H Suhardiman Amby sangat komit untuk memajukan semua sektor dan seluruh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, beliau berpesan untuk selalu merespon cepat dan tanggap terhadap hal hal yang berhubungan erat dengan masyarakat, terutama di tengah terjadinya seperti bencana banjir beberapa hari terakhir, dan beliau tidak mau tinggal diam akan hal ini, segala upaya dilakukan agar masyarakat terbantu,” beber Maisir.

“Untuk itu, percayalah Pemerintah akan selalu hadir disaat masyarakat membutuhkan, salah satu bukti hadirnya pemerintah ditengah masyarakat dengan respon cepat tanggap yang diberikan terhadap musibah banjir yang melanda masyarakat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, H Maisir yang mewakili Plt Bupati H Suhardiman Amby juga menyerahkan bantuan dari dana hibah Pemda Kuansing untuk pembangunan tempat ibadah, orang tua jompo serta hafidz dan hafidzah yang hafalannya 30 juz.

Dalam penyerahan bantuan itu, H Maisir didampingi Kapolres Kuansing yang diwakili Kasi Humas Polres AKP Tapip Usman SH, Ketua Baznas Kuansing Drs H Chaidir Arifin, Ketua MUI Kuansing H Bakhtiar Saleh SAg MH.*