AKP KF Sinuraya Tegaskan Pihaknya Selalu Komit Berantas PETI di Wilkum Polsek Singingi


Dibaca: 1823 kali 
Ahad, 17 April 2022 - 20:18:21 WIB
AKP KF Sinuraya Tegaskan Pihaknya Selalu Komit Berantas PETI di Wilkum Polsek Singingi Foto : Kapolsek Singingi AKP Koko Ferdinand Sinuraya, S.H., M.H., Dengan Barang Bukti Alat Untuk Aktifitas PETI.

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, S.I.K., M.H., menegaskan bahwa pihaknya beserta jajaran selalu komit dalam memberantas aktifitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Hal itu ditegaskan Kapolres Kuansing melalui Kapolsek Singingi AKP Koko Ferdinand Sinuraya, S.H., M.H., saat berbincang-bincang dengan HarianTimes.com di Teluk Kuantan, Ahad (17/04/2022).

Dimana hal ini, kata Kapolsek Singingi AKP Koko Ferdinand Sinuraya selalu di monitor pihanya, begitu ada laporan dari masyarakat akan langsung diberikan tindakan tegas. “Selain itu juga kita lakukan patroli rutin guna memantau titik titik lokasi yang diduga adanya aktifitas PETI tersebut,” ujar Koko.

Namun hal itu, sambung Koko, juga seringkali terbentur karena kondisi lokasi yang sulit dan jauh di tempuh, sehingga petugas kesulitan melakukan penangkapan terhadap para pelaku yang sudah terbilang cerdik tersebut.

“Untuk bisa sampai ke lokasi petugas harus menempuh berjalan kaki, dengan demikian kedatangan petugas dengan mudah dapat diketahui pelaku dari ke jauhan, karena lokasi terletak di hamparan terbentang luas dan penuh lumpur,” terang Koko.

Beberapa waktu lalu, tambah Koko, Polsek Singingi sempat menggelar operasi gabungan bersama Satuan Intelkam Polres Kuansing dalam penindakan PETI yang meresahkan masyarakat di dua lokasi, yakni di Desa Sei Keranji dan Desa Sumber Datar Kecamatan Singingi.

“Pada tanggal 11 April 2022 lalu, kami dari Polsek Singingi bersama Satuan Intelkam Polres Kuansing yang dipimpin oleh Kasat Intelkam AKP Jhon WH Matondang mengamankan sejumlah aktifitas pertambangan emas secara ilegal di dua lokasi tersebut, namun sayangnya pelaku berhasil melarikan diri ke kawasan semak semak sehingga lolos dari kejaran petugas,” jelas Koko.

Dari operasi yang dilaksanakan tersebut, ujar Koko, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa peralatan yang digunakan untuk aktifitas PETI. “Barang bukti yang diamankan anggota di lokasi PETI tersebut berupa 5 (lima) unit kendaraan roda 2 (dua), kemudian 2 (dua) unit dulang, 1 (satu) unit keong, 1 (satu) botol kecil air raksa, serta 6 (enam) buah ember plastik,” tandas Kapolsek Singingi.*