Masyarakat Cerenti Minta Mobil Sampah

Plt Bupati Suhardiman: Jika Tak Bisa Dengan APBD, Carikan Melalui CSR


Dibaca: 962 kali 
Ahad, 10 April 2022 - 23:23:00 WIB
Plt Bupati Suhardiman: Jika Tak Bisa Dengan APBD, Carikan Melalui CSR Foto : Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby Saat Menyerahkan Bantuan Dana Hibah Pemda Kuansing Untuk Pembangunan Tempat Ibadah Se-Kecamatan Cerenti di Masjid Al Mukmin Desa Kampung Baru Timur, Ahad (10/04/2022) Malam.

CERENTI, HarianTimes.com Berbuka puasa bersama di halaman Kantor Camat Cerenti, Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM disambut hangat masyarakat dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) serta pemangku adat dan para tokoh setempat, Ahad (10/04/2022).

Usai berbuka puasa bersama, setelah sholat magrib berjamaah rombongan Forkopimda dan pejabat daerah yang dipimpin langsung Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H Dedy Sambudi SKM MKes dan Plt Ketua TP PKK Kuansing TP PKK Kuansing Hj Yulia Suhardiman Amby melanjutkan kegiatan dengan bersafari ramadhan di Masjid Al Mukmin Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Selain itu, Plt Bupati H Suhardiman Amby juga tampak didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Kuansing Zulhendri SPWK, Ketua Baznas Kuansing Drs H Chaidir Arifin, Kakan Kemenag Kuansing Drs H Jisman MA, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi diwakili Kapolsek Cerenti Iptu Irwan Fikri SSos, Dandim 0302 Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo SSos diwakili Danramil 06/ Cerenti Kapten Arh Adilman Sihombing, Camat Cerenti Yuhendra SSos, Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas Cerenti Mona Syamelita SKM, Ketua Forum Kepala Desa (Forkades) Cerenti Zulheri SP beserta para Kades, Ketua Forum BPD beserta jajaran, Ketua Lembaga Adat Desa (LAD) beserta jajaran dan para Tokoh se-Kecamatan Cerenti.

Dalam sambutannya, Camat Cerenti Yuendra SSos kembali mengutarakan permintaan untuk mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di Kecamatan Cerenti, dimana hal tersebut sudah berulang kali di usulkan dalam agenda di setiap kegiatan formal pemerintah di daerah tersebut.

“Tak bosan bosannya kami mengusulkan untuk mengatasi permasalahan untuk pengelolaan sampah di Kecamatan Cerenti ini, kami mohon agar pak Bupati H Suhardiman Amby untuk memberikan 1 unit mobil sampah khusus untuk mengelola dan mengangkut sampah yang ada di Kecamatan Cerenti ini, sehingga permasalahan sampah bisa teratasi,” pinta Camat Cerenti Yuhendra dihadapan semua yang hadir didalam kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Daerah (Pemda) Kuansing yang dilaksanakan usai sholat tarawih dan witir digelar tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby di dalam arahannya menegaskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera memberikan solusi terkait permasalahan sampah ini.

“Pak Rustam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuantan Singingi, saya minta agar hal ini di masukkan ke dalam anggaran pembiayaan daerah untuk pengadaan mobil sampah yang di perlukan Kecamatan Cerenti, kalau tidak bisa di masukkan dalam anggaran daerah atau APBD, carikan segera dari dana CSR perusahaan, karena setiap perusahaan wajib memberikan 20 persen dana CSR nya untuk daerah, dan ini harus dipergunakan untuk kepentingan masyarakat, masalah sampah sangat penting,” perintah Plt Bupati Suhardiman Amby dengan tegas.

Permasalahan pengelolaan sampah ini, kata Sang Plt Bupati Kuansing yang merupakan suami dari Hj Yulia Suhardiman itu, adalah masalah yang sangat penting segera diatasi, ini menentukan untuk penataan wajah sebuah daerah.

“Masalah pengelolaan sampah ini harus segera teratasi, karena kita akan memulai untuk penataan wajah wajah kota baru di Kabupaten Kuantan Singingi ini nantinya, seperti halnya dengan pemasangan lampu jalan yang bersumber dari CSR perusahaan, jika kita hanya berharap kepada APBD atau APBN saja tentunya sangat akan lama bisa terwujud dikarenakan menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran, maka pembenahan wajah kota yang baru melalui dana CSR sangat diperlukan, sebab dana CSR yang 20 persen itu berhak kita dapatkan untuk kemajuan daerah kita,” kata Suhardiman Amby menekankan.

Menyambut instruksi yang diberikan Plt Bupati H Suhardiman Amby itu, Plt Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kuansing, Drs Rustam langsung memberikan sinyal mengiyakan perintah pimpinannya tersebut.

“Siap, dilaksanakan pak Bupati,” kata Rustam singkat padat menanggapi hal tersebut dengan cekatan usai diberikan perintah oleh orang nomor 1 di Kabupaten yang terkenal dengan julukan negeri Kota Pacu Jalur itu.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati H Suhardiman Amby juga tampak menyerahkan bantuan dari dana hibah Pemda Kuansing untuk pembangunan tempat ibadah dan orang jompo yang ada di Kecamatan Cerenti.*