IP200 Berdampak Manis, Menuju Desa Talontam Swasembada Pangan 2023


Dibaca: 1646 kali 
Kamis, 10 November 2022 - 22:02:00 WIB
IP200 Berdampak Manis, Menuju Desa Talontam Swasembada Pangan 2023 IP200 Berdampak Manis, Menuju Desa Talontam Swasembada Pangan 2023

TALONTAM, HarianTimes.comDampak dari selama ini menggalakkan bertanam padi dua kali dalam setahun IP200 yang merupakan program unggulan pertanian Desa Talontam Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau berbuah manis.

Dimana program unggulan Desa Talontam Kecamatan Benai ini juga sejalan dengan program Pemerintah Pusat Indonesia, dalam rangka pengendalian kekurangan kesediaan pangan.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa (Kades) Talontam, Raja Helpi Alponso yang juga merupakan Ketua Forum Kepala Desa (Forkades) Kecamatan Benai, kepada HarianTimes.com pada Kamis (10/11/2022) malam di Talontam.

Dimana pada awalnya, hal ini merupakan suatu upaya dari Pemerintah Desa (Pemdes) Talontam untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakatnya dengan adanya pasca Covid-19.

Ternyata hal itu tidak hanya menghasilkan untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, kata Raja Helpi Alponso, namun saat ini juga datang permintaan untuk pasokan beras keluar daerah, salah satunya distributor beras di Kota Pekanbaru.

Pasalnya, dari hasil panen padi tahun 2022 yang mampu meningkat dari 5,2 ton per hektare pada tahun 2021 lalu, kini hasil panen padi dari lahan persawahan yang dimiliki Desa Talontam menjadi 6,12 ton per hektare pada tahun 2022.

Dari peningkatan yang terjadi itu, maka lahirlah sebuah produk merk baru yang diberi nama “Beras Udang”, yang kini berhasil laris manis di pasaran. Dimana untuk saat ini, merk produk ini tengah diusahakan untuk dipatenkan.

Untuk itu Kades Talontam, Raja Helpi Alponso yang akrab disapa Ipon menyampaikan terimakasih kepada pemerintah melalui dinas terkait yang telah mensupport semua program pertanian, terutama bertanam padi yang digalakkan Pemdes Talontam.

“Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Ketahanan Pangan Kuantan Singingi, serta Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Ketahanan Pangan Provinsi Riau yang telah mensupport Pemerintahan Desa Talontam untuk mensukseskan program ini,” ungkap Ipon.

Dengan demikian, Raja Helpi Alponso bertekad untuk mewujudkan Desa Talontam Tahun 2023 sebagai salah satu desa yang mampu berswasembada pangan di Kabupaten Kuansing nantinya.

“Kami bertekad menjadikan Desa Talontam sebagai desa yang mampu berswasembada pangan di tahun 2023 mendatang. Dengan demikian, perekonomian masyarakat Talontam tentunya ikut akan meningkat nantinya,” tutup Ipon.*