Buka Berbagai Lomba Tingkat SMP dan MTs

Suhardiman Amby Berpesan Agar Guru Forkus Prestasi dan Memajukan Sekolah


Dibaca: 1195 kali 
Selasa, 04 Oktober 2022 - 20:58:09 WIB
Suhardiman Amby Berpesan Agar Guru Forkus Prestasi dan Memajukan Sekolah Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby Ketika Penyerahan Piala Lomba Tingkat Sekolah SMP dan MTs Se-Kuansing di SMPN 8 Teluk Kuantan, Selasa (04/10/2022) Pagi. (Foto: Sartika Isniwati).

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM membuka secara resmi Lomba Mata Pelajaran (Mapel) Sains, Storry Telling, MTQ, MSQ dan 4 Pilar Kebangsaan Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan MTs se-Kabupaten Kuantan Singingingi (Kuansing), Riau pada Selasa (04/10/2022).

Dimana kegiatan yang ditaja oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP dan MTs Kuansing ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang ke XXIII (23) Tahun 2022 yang dilaksanakan di SMPN 6 Teluk Kuantan.

Dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi pada peserta didik sehingga bisa bersaing dengan dunia pendidikan dan SDM baik itu ditingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, bahkan internasional nantinya.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kuansing, H Masrul Hakim SAg MPdI menyampaikan ucapan terimakasih atas waktu yang telah diluangkan oleh Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby untuk dapat hadir langsung pada pembukaan kegiatan tersebut.

“Terimakasih pak Bupati H Suhardiman Amby Datuk Panglimo Dalam yang telah berkesempatan hadir pada pembukaan kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Kuantan Singingi yang ke 22 ini,” ucap Masrul Hakim.

Dimana kata Masrul Hakim, kehadiran langsung Plt Bupati Suhardiman Amby ini menjadi suatu motivasi yang sangat luar biasa bagi peserta didik, peserta lomba dan juga para pendidik, pengawas pendidikan serta seluruh jajaran Disdikpora Kuansing.

“Kehadiran langsung pak Bupati Suhardiman Amby ini menjadi motivasi yang besar bagi peserta dan juga kami semua, dimana hal ini tentunya merupakan suatu ajang yang bergengsi dan berdaya saing sehingga mampu melahirkan generasi yang berprestasi nantinya, sebagai mana harapan pak Bupati agar peserta didik kita ini melalui prestasi akan dengan mudahnya bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi nantinya,” ujar Masrul.

Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby, dalam arahannya pada kegiatan yang juga dihadiri oleh para Kepala Sekolah (Kepsek) SMP dan MTs baik Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Kuansing menyampaikan, bahwa dirinya sudah sejak lama menginginkan kegiatan yang menghasilkan sebuah prestasi yang tersambung langsung kepada seluruh kepala sekolah seperti ini.

“Kemajuan sebuah sekolah dan prestasi peserta didik dan guru itu tentunya dari sebuah komunikasi yang terjalin, jika tidak ada komunikasi yang dibangun tentu tidak akan tersambung dan tidak akan terwujud apa yang ingin kita capai dan kita wujudkan untuk dunia pendidikan ini,” kata Suhardiman Amby.

Perlu diketahui, sambung Suhardiman Amby, dirinya selaku pimpinan juga terkoneksi langsung ke seluruh desa-desa yang ada di Kabupaten Kuansing, dimana hal itu berguna untuk mengetahui apa yang sebenarnya dan kebenaran dari yang terjadi sebetulnya, termasuk dalam kinerja guru dan sekolah diseluruh wilayah.

“Jadi kita tidak harus menelan mentah mentah informasi yang terjadi, karena diseluruh desa desa yang ada di Kuantan Singingi ini, saya punya spion untuk memberikan informasi tentang kebenaran dari sebuah permasalahan yang terjadi, ini dilakukan untuk kemajuan guru dan sekolah sekolah yang ada di daerah kita ini,” ujar Suhardiman Amby.

Dipertegas Plt Bupati, dirinya menginginkan sebuah mutasi atau rotasi yang terjadi tidaklah berdasarkan dari suka atau tidak suka terhadap seseorang, melainkan dilihat dari kemampuan dan prestasi seseorang tersebut.

“Nah intinya harus ada komunikasi aktif yang selalu dibangun setiap harinya demi kemajuan dunia pendidikan, baik itu untuk kemajuan guru maupun sekolahnya. Jika hanya berkomunikasinya atau pertemuannya 1 (satu) kali setahun, lalu ada mutasi dan rotasi yang terjadi tentunya disebabkan oleh suka atau tidak suka saja, saya tidak ingin hal ini terjadi, karena prestasi dan kemajuan harus lebih diutamakan,” tegas Suhardiman Amby.

Lebih lanjut, dikatakan Plt Bupati, dirinya selama ini terus memonitor keadaan dan situasi diseluruh wilayah yang kini dipimpinnya tersebut, melalui komunikasi aktif dan juga melakukan pengecekan tentang kebenaran sebuah informasi atau permasalahan yang terjadi.

“Jika ada guru yang jarang masuk atau malas masuk sekolah, saya pun tau, karena ada spion spion yang menyampaikan, namun hal ini juga saya lakukan pengecekan kebebarannya, tidak berdasarkan suka atau tidak suka, jadi saya berharap ke depannya mari sama sama kita majukan dunia pendidikan dan lahirkan prestasi sehingga terwujudnya Kuantan Singingi yang berdaya saing,” kata Suhardiman Amby yang merupakan suami dari Hj Yulia Suhardiman itu.

“Semua guru dan PNS yang dipromosikan tentunya dilihat dan dinilai dari prestasinya, kompetensi atau tidaknya, mampu atau tidaknya dalam menjalankan tugas, jadi berfokuslah ke kepada prestasi dan kemajuan serta bekerjalah sungguh sungguh sehingga nanti bisa dipromosikan jabatannya,” tegas Suhardiman Amby.

Selain Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby, Plt Kadisdikpora Kuansing H Masrul Hakim dan seluruh Kepsek SMP dan MTs, juga hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MKKS SMP dan MTs Kuansing, Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto SSTP MSi, Pengawas Pendidikan dan Korwil Pendidikan se-Kuansing.*