Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Sungai Sorik Gelar Lomba Rebana Dukung Kuansing Bermarwah


Dibaca: 1338 kali 
Sabtu, 30 Juli 2022 - 21:59:00 WIB
Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Sungai Sorik Gelar Lomba Rebana Dukung Kuansing Bermarwah Foto : Istimewa

SUNGAI SORIK, HarianTimes.com Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Desa Sungai Sorik mengadakan lomba rebana antar desa se-Kecamatan Kuantan Hilir Sebrang (KHS) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Kegiatan yang ditaja oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Sungai Sorik itu diikuti oleh seluruh desa yang ada di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, dimana kegiatan ini dilaksanakan di lokasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Timbang Bungo Pengantin pada Sabtu (30/07/2022) malam.

Dimana kegiatan ini bisa terlaksana tidak luput dari restu Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Sungai Sorik, Berlian bekerjasama dengan BPD, LPM, Pemuda dan Pemudi dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta / dulu KKN) Universitas Riau (UR/ dulu UNRI) beserta seluruh unsur masyarakat.

Pj Kades Sungai Sorik, Berlian mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antar desa dan masyarakat se-Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, serta sebagai upaya menggairahkan kembali kesenian rebana yang sudah hampir terlupakan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan silahturahmi antar masyarakat dan desa se Kuantan Hilir Seberang, serta menghidupkan kembali kesenian rebana yang telah lama terlupakan dalam acara kesenian saat ini seiring berjalannya perkembangan zaman,” ungkap Berlian, yang juga merupakan Kepala Seksi (Kasi) Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Kantor Camat Kuantan Hilir Seberang.

Masih disela kegiatan, Pj Kades Sungai Sorik lebih lanjut mengatakan, selain menggairahkan kembali kesenian rebana ini, juga sebagai wujud dukungan terhadap Visi dan Misi Pemerintah Daerah (Pemda) Kuansing yang Bermarwah, serta terwujudnya Kuansing yang Berkebudayaan dan Agamis yang kini tengah dipimpin oleh Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby.

“Untuk itu kami mengadakan lomba rebana tersebut mengingatkan kembali kepada generasi muda sekarang ini, agar dapat mengenal kesenian rebana dan juga mempelajari serta mendalami kedepannya, ini juga merupakan salah satu wujud dukungan kita terhadap visi misi Kabupaten Kuantan Singingi yang Bermarwah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BPD Sungai Sorik, Raja Ali Alatas memberikan apresiasi terhadap kepedulian yang diberikan oleh Pj Kades Berlian terhadap kesenian dan telah terlaksananya kegiatan lomba rebana tersebut.

“Terimakasih atas kepedulian dari Pak Berlian sebagai Kepala Desa sudah menginisiasi dan mendukung terlaksananya kegiatan ini, insya Allah kegiatan yang tahun ini hanya se Kuantan Hilir Seberang, mudah mudahan tahun selanjutnya akan diadakan lebih meriah lagi nantinya,” ujar Raja Ali Alatas.

“Apresiasi yang luar biasa untuk Pak Berlian, dan insya Allah kedepannya kami juga akan mengundang kecamatan lain yang ada di Kabupaten  Kuantan Singingi dalam menyambut tahun baru islam berikutnya,” tandas pria yang juga merupakan penikmat kopi itu.*