Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Rabu, 17 Agustus 2019
 
Silaturahmi Pengurus Matua Saiyo se Indonesia
M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
Minggu, 16 Juni 2019 - 22:45:59 WIB
Pertemuan silaturahmi Pengurus Matua Saiyo se Indonesia di Batang Kasiak Village, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (08/06/2019)

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pengurus Matua Saiyo se Indonesia melakukan pertemuan silaturahmi di Batang Kasiak Village, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (08/06/2019) lalu.

Pengurus Matua Saiyo yang hadir dalam pertemuan itu antara lain Pengurus Matua Saiyo Jabodetabek (MSJ Jakarta), Pengurus Matua Saiyo Pekanbaru, Pengurus organisasi Matua Riau & Bengkalis dan Rengat dan lain-lain, Wali Nagari Matua Hilia dan Wali Nagari Matua Mudiak (Wali Nagari Parik Panjang berhalangan) dan Matua Saiyo Padang/Sumbar serta beberapa anggota dari Pengurus Matua Saiyo lainnya.

"Acara silaturahim ini diadakan di tempat terbuka di atas Area Persawahan Batang Kasiak yang dibuat panggung-panggung menjadi tempat makan-makan dan duduk -duduk santai. Dimana menurut informasi dari pemiliknya, rencananya nanti juga akan dibuat beberapa tempat menginap untuk tamu/pengunjung yang berkunjung ke Matua. Tempat yang diberi nama Batang Kasiak Village ini dibuat oleh putra dan putri Matua," sebut Ketua Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru, M Hanafi Sutan Mudo yang ikut hadir pada pertemuan tersebut kepada hariantimes.com melalui pesan whatsapp, Minggu (16/06/2019).

M Hanafi menyampaikan, dalam acara silaturahmi tersebut ada banyak usulan-usulan dan wacana-wacana yang cukup beragam dan progresif dari semua pengurus dan anggota. Dimana substansinya adalah untuk kebaikan organisasi Matua Saiyo di perantauan dan sanak family di Matua.

Poin-poin Kesepahaman dari acara silaturahmi tersebut antara lain; 

1. Diperlukan untuk membentuk sebuah organisasi payung yang akan membawahi semua organisasi orang Matua yang ada di Indonesia/Nusantara. Untuk hal ini akan diadakan kajian terhadap organisasi yang sudah ada seperti Badan Koordinasi Matua Saiyo (BKMS) apakah bisa dijadikan organisasi payung seperti maksud diatas atau akan dibuat organisasi baru. Dan hal ini akan dibicarakan/diskusikan selanjutnya di MSJ Jakarta, terlebih dulu dengan para senior/sesepuh jika perlu. Tentunya nanti dengan berkomunikasi balik dengan semua orang Matua yang ada di Indonesia.

2. Organisasi Payung yang akan dibuat dengan membuat AD/ART yang secara jelas dan menegaskan bahwa organisasi payung tersebut akan membawahi semua organisasi orang Matua yang ada di Indonesia/Nusantara.

3. Ada usulan spesifik dari pengurus organisasi Matua Saiyo Pekanbaru bahwa sebaiknya organisasi payung Matua Saiyo ini nanti bisa membuka akses yang luas keanggotaannya dan afiliasinya  mencakup warga Kecamatan Matur atau dalam kata lain tidak hanya Nagari yang 3 (tigo) saja. Karena aktualnya di Matua Saiyo Pekanbaru hal itu sudah terlaksana dan sudah berlangsung dengan program-program warganya yang mencakup dan mewadahi semua warga perantau Kecamatan Matur.

4. Untuk komunikasi awal, dibuat Group Whatsapp pengurus Matua Saiyo, yang saat rangkuman ini buat sudah ada/dibuat dengan anggota yang masih akan diperluas ke semua pengurus organisasi Matua Saiyo se Indonesia.

5. Usulan dari warga Matua untuk mengharapkan terciptanya komunikasi yang lebih intensif dan kepedulian yang lebih baik antara warga perantau dan warga yang di kampuang. 
6. Diperlukan diskusi yang lebih detail/teknis untuk membuat organisasi payung seperti yang dibicarakan diatas. 

M Hanafi menyebutkan, semua usulan-usulan dan wacana tersebut akan dibawa dalam diskusi pada saat acara silaturahmi MSJ Jakarta dan seterusnya akan di bagi/share ke warga untuk segera ditindak lanjuti. 
"Inilah rangkuman dari pembicaraan pada acara silaturahmi pengurus MSJ Jakarta dengan pengurus-pengurus Matua Saiyo daerah seperti yang sudah disebutkan diatas," sebut M Hanafi yang saat ini menjabat Kapolsek Tenayan, Pekanbaru ini.
 
Nanti, ungkap M Hanafi, MSJ Jakarta nanti akan membuat sebuah Registrasi Online untuk mendata semua anggota pengurus organisasi Matua Saiyo se Indonesia dalam satu Database Pengurus yang nanti menjadi Dokumen Digital.(ron)



 
Berita Lainnya :
  • M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 RAP : Mahasiswa Berkemajuan
    02 Atmonadi: Saya Berharap akan Tumbuh Home-Home Industri Kuat
    03 Bocang: Alhamdulillah 17 Cabor Sudah Memberikan Dukungan
    04 Andrwes: Kami Berkewajiban Ikut Menyelidiki
    05 UiTM Perlis Kirim 34 Mahasiswa ke UIR
    06 Darwis: Harus Meninggalkan Salah Satu Pekerjaannya
    07 AP : Saya Menyambut Positif Upaya Ini dan DPRD Kuansing Sangat Mendukung
    08 Rusli: Saya Siap Maju
    09 200 Pelaku UMKM di Pangkalan Kerinci Terima Sertifikat Gratis dari BPN
    10 Alfedri: Insya Allah Nantinya Menjadi Ponpes Tahfidz dan Hadits Pertama di Riau
    11 Bupati Siak: Semoga Bisa Memberikan Manfaat
    12 Wabup Meranti: Pondasi Awal Menyusun dan Mensinkronkan KUAPPAS
    13 Alfedri: Alhamdulillah Saat Ini Sudah Banyak Anak-anak Siak yang Hafal Al Quran
    14 JCH BTH 1 Kepri dan BTH 2 Pekanbaru Bergerak Menuju Mekkah
    15 8 Wartawan Bengkalis Ikuti Seleksi Calon Anggota PWI
    16 Lem Kambing Punye Pasal
    17 Diduga Ada Oknum Berbisnis Terkait Penyelenggaraan Haji
    18 Oknum Mahasiswi dan Teman Prianya Ditangkap Tim Opsnal Polsek Tampan
    19 UIR dan UNISSA Brunei Darussalam Teken MoU
    20 Syamsuar: Permainan Gasing Ini Harus Dipertahankan
    21 Harris: Pemprov Riau Agar Dukung Pembangunan Kabupaten Pelalawan
    22 Marzuki: Mari Manfaatkan Sebaik-baiknya
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public