Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Minggu, 26 Agustus 2019
 
Irwandi Jaswir Dipercaya Bangun Industri Halal di Arab Saudi
Jumat, 10 Mei 2019 - 08:37:59 WIB
Irwandi Jaswir.

Kuala Lumpur, Hariantimes.com - Pemenang King Faisal International Prize 2018 (Nobel Arab Saudi, red), Irwandi Jaswir, dipercaya oleh pemerintah Saudi Arabia untuk ikut membangun industri halal di negara tersebut. 

Profesor dan ilmuwan terkemuka Indonesia ini diberi tanggungjawab untuk merangka strategi menjadikan negara kaya minyak itu sebagai pemain industri halal terkemuka dunia.

Menurut Irwandi, dirinya sudah mulai didekati sejak menerima King Faisal Prize dari Raja Salman tahun lalu. 

“Saat itu, Pemerintah Saudi Arabia meminta saya presentasi tentang industri halal global dan peranan apa yang bisa dilakukan oleh Saudi sebagai kiblat Islam se dunia. Namun yang intensif sejak beberapa bulan terakhir lewat telepon atau video conference,"  ujar Irwandi ketika ditemui di Kuala Lumpur, Senin (06/05/2019). 

Profesor Senior bidang Bioteknologi Pangan yang kini berkhidmat di International Islamic University Malaysia ini mengungkapkan, perkembangan industri halal dunia yang sangat pesat dan diperkirakan bernilai 3 triliun dolar Amerika lebih ini, membuat Saudi Arabia kini ikut melirik industri ini. Dan ntuk memfasilitasi dirinya, Pemerintah Saudi bahkan mendirikan ‘Halal Centre” yang langsung berada di bawah lembaga “Saudi Food and Drugs Authority” (SFDA). 

“Sebenarnya ide pendirian Halal Centre di Saudi ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Kami ngobrol-ngobrol dengan para saintis disana dan petinggi SFDA. Mereka bahkan sempat berkunjung ke laboratorium saya di Malaysia,” kata Irwandi lagi.

Meski menjadi penasehat untuk Pemerintah Saudi Arabia di bidang industri halal, Irwandi tidak harus menetap di sana. 

“Mereka bahkan setuju kalau saya tetap di Malaysia dan hanya ke Riyadh setiap beberapa bulan sekali. Dalam beberapa bulan sekali saya akan tinggal disana beberapa waktu. Yang penting tugas dan tanggungjawab tetap bisa berjalan,” ujarnya lagi sambil tersenyum. 
Tidak asing
Irwandi memang tidak asing lagi dengan negara Saudi Arabia. Berkali-kali saintis kelahiran Medan ini diundang ke sana. Irwandi bahkan pernah mendapatkan dua dana penelitian berjumlah jutaan riyal (miliaran rupiah), terkait gelatin halal serta kajian kehalalan makanan anak-anak di Saudi.

Hasil penelitiannya yang sangat impresif dan bermanfaat, membuat Pemerintah Saudi berulangkali mengundangnya hadir di berbagai seminar dan konferensi di Saudi Arabia.

Ayah 4 orang anak ini dilihat sebagai salah satu pionir dalam bidang Halal Science, yaitu cabang ilmu baru yang melihat halal dan haram dari kacamata Sains, bukan dari perspektif ilmu agama semata. Irwandi kini sering diudang berbicara di berbagai forum internasional, seperti di Singapura, Korea, Jepang, Inggris, Jerman hingga AS.

Ilmuwan yang sudah melakukan 35 proyek riset bidang halal selama 20 tahun, telah mempublikasikan karyanya di lebih 200 publikasi jurnal internasional  dan memiliki 5 patent. Ke Indonesia sendiri, Irwandi hampir dua kali sebulan berkunjung untuk berbagi ilmu ke kampus-kampus dan instansi terkait bidangnya. 

Irwandi juga sudah meraih 50 penghargaan ilmiah internasional, termasuk Asia Pacific Young Scientist Award 2010 by SCOPUS, Habibie Award bidang Kedokteran dan  Bioteknologi 2013, disamping King Faisal Prize itu sendiri. Sebuah Majalah terkemuka Tanah Air juga menobatkannya menjadi Tokoh Ikon Teknologi 2018.

Tahun lalu, berita Irwandi menerima King Faisal International Prize menjadi berita utama di kebanyakan media dalam dan luar negeri, karena namanya disejajarkan dengan nama-nama besar tokoh penerima sebelumnya, seperti Perdana Menteri Tun Mahathir (Malaysia) atau Presiden Erdogan (Turki). 

Irwandi yang sering dijuluki “Profesor Halal” merupakan orang Indonesia kedua yang menerima King Faisal Prize, setelah mantan Perdana Menteri, Dr Mohammad Natsir, 40 tahun lalu. King Faisal Prize sering dianggap sebagai Nobel Prize-nya Dunia Islam.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Irwandi Jaswir Dipercaya Bangun Industri Halal di Arab Saudi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polantas Pekanbaru Bantu ibu Hamil yang Akan Melahirkan Menuju RS
    02 1.778 Desa di Riau Sudah Berlistrik
    03 UIR Wisuda 1.022 Magister, Sarjana dan Ahli Madya
    04 PNC Bukit Batu Bagi-Bagi Takjil ke Masyarakat
    05 Andi Putra Di Daulat Jadi Warga Kehormatan
    06 Mursini : Kita Bangun Kuansing Merata
    07 Sayyid: Ajang Silaturahmi dan Membuat Ikatan Keluarga MAN 3 Lebih Kuat Lagi
    08 Personil KSDA Riau Musnahkan Tanaman Sawit di TN Zamrud
    09 LSM Penjara: KSOP Bengkalis Diduga Main Mata
    10 Sekda Dianto : THR ASN Cair Hari Ini
    11 Sabtu Besok, UIR Wisuda 1.022 Magister, Sarjana dan Ahli Madya
    12 Mursini : Melalui Ramadhan Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah
    13 IMA Chapter Pekanbaru Santuni 100 Anak Yatim
    14 SPTI Santuni Anak Yatim
    15 Bupati : Ajang Menjemput Aspirasi Masyarakat
    16 Bupati Mursini : Semoga Bermanfaat dan Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah
    17 Agus Mandar : Pasca Pemilu, Tetap Jaga Kamtibmas
    18 Bupati Mursini : Dengan Sistem Ini Masyarakat Bisa Memantau Langsung
    19 Pembuatan Paspor CJH Riau Sudah 4.073 Buah
    20 Firdaus: Akan Disesuaikan dengan Kemampuan Anggaran Daerah
    21 Gubri Instruksikan ASN tak Benarkan Bawa Mobdin Selama Cuti Lebaran
    22 Yusri: KPU Harus Terbuka
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public