Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Kamis, 27 Agustus 2019
 
Lima Rektor Universitas di Riau Teken MoU
Syafrinaldi: MoU Ini akan Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masing-Masing Universitas
Rabu, 29 Mei 2019 - 04:57:02 WIB
Suasana penandatanganan kerjasama antar kampus oleh lima rektor.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Lima rektor perguruan tinggi di Riau menandatangani nota kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, Selasa (28/05/2019).

Lima rektor tersebut masing-masing Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL (Rektor Universitas Islam Riau), Prof Dr Ir H Aras Mulyadi MSc (Rektor Universitas Riau),  Prof Susi Endrini SSi MSc (Rektor Universitas Abdurrab), Dr Hj Hasnati SH MH (Rektor Universitas Lancang Kuning) dan Dr H Mubarak MSi (Rektor Universitas Muhammadiyah Riau).

Turut hadir menyaksikan MoU Edi Asnawi (Wakil Rektor III Unilak), Syaiful Bahri (Wakil Rektor IV UNRI), Syamsul Bahri R (Wakil Rektor I Unirab), Taswin Yacob (Wakil Rektor III UMRI), May Valzon (Wakil Rektor III Unirab), Bakaruddin (Wakil Rektor II UMRI) dan Ermina Sari (Wakil Rektor II Unilak).

Salah satu penggagas pertemuan lima rektor, Ir H Rosyadi MSi mengatakan, ide lahirnya Memory of Understanding (MoU) bermula dari pertemuan kelima rektor pada acara yang dilaksanakan PT Chevron di Pekanbaru dua bulan lalu. Saat itu kelima rektor berpikir kerjasama antar perguruan tinggi menjadi prasyarat untuk akreditasi.

"Uniknya, kita sibuk menggalang MoU dengan universitas lain di luar Riau termasuk  ke manca negara. Sementara sesama kita di Provinsi Riau belum pernah terikat kerjasama walaupun berbagai kegiatan yang kita laksanakan kita gotongroyongkan tanpa MoU. Mengapa ini terjadi? Karena kita semua berteman. 'Ketika saya mengirim mahasiswa untuk melakukan penelitian ke Unilak atau ke UMRI, tak pernah ditanya mana MoU nya. Satu sisi ikatan emosional dalam berakademik ini ada baiknya, tapi di lain sisi kita rugi sebab kita menghilangkan bukti fisik yang dapat dimanfaatkan untuk akreditasi. Dari sana muncul ide bagaimana kalau kita jajaki MoU. Setelah berembuk antar universitas akhirnya kita sepakat, maka lahirlah penanda-tanganan MoU hari ini,'' beber Rosyadi.

Rosyadi menyebut, dari MoU ini banyak hal yang dapat dilakukan baik oleh UIR, UNRI, Unilak, UMRI maupun Abdurrab. Tak hanya di bidang pendidikan dan penelitian tapi juga pengabdian kepada masyarakat. 

''Kegiatan yang kita kerjasamakan dengan universitas di Malaysia atau di negara-negara lain dapat pula kita laksanakan bersama-sama. Mudah-mudahan MoU kelima rektor berdampak positif tidak hanya buat kelima universitas melainkan untuk Provinsi Riau,'' tandas Wakil Rektor III UIR ini.

Harapan senada disampaikan Rektor UIR Syafrinaldi. Mengutip sebuah peribahasa yang menyebutkan, semut diseberang lautan tampak tapi gajah di pelupuk mata tak kelihatan.

Rektor mengakui, selama ini kiblat universitas yang dipimpinnya banyak bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di luar Riau. Tapi alpa ber-MoU dengan tetangga sendiri. Karena itu Syafrinaldi menyambut positif  kerjasama antarkampus ini dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

''Saya optimis, karena kita duduk sama rendah tegak sama tinggi, MoU ini akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan masing-masing universitas. Mudah-mudahan secepatnya kebijakan dalam nota kesepahaman dapat ditindak-lanjuti oleh tim teknis dari setiap universitas,'' ujar Syafrinaldi.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Syafrinaldi: MoU Ini akan Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masing-Masing Universitas
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Meranti Curhat soal Kebiasaan Masyarakat
    02 Kapolda Riau Menggarisbawahi Ucapan Bupati Tentang Peredaran Narkoba
    03 Kapolda Riau: Mumpung Meresmikan Mapolres, Kami Silahturahmi
    04 Pemko Hapus Sanksi Administrasi PBB
    05 Insya Allah, PWI Riau akan Sembelih Tiga Ekor Sapi dan Beberapa Ekor Kambing
    06 Sekdakab Meranti: Jangan Khawatir, Kita akan Membantu Biaya Pengobatannya
    07 Bupati: Kita Berharap Dapat Berikan Pelayanan Prima ke Masyarakat
    08 Satlantas Polres Meranti Luncurkan Layanan SIM Keliling
    09 Novrizon: 10 Lulusan Terbaik Gratis Biaya UKW
    10 Atasi Kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Bupati Terbitkan Surat Edaran
    11 Keken : Sedang Disiapkan Payung Hukum
    12 Bupati Harris Serius Tindaklanjuti Pembangunan Pelabuhan Sokoi
    13 Mantan Sang Runner Up Berhasil Gondol Piala Bergilir
    14 Yulian: Saya Nilai Kegiatan Ini Sangat Tepat
    15 Bupati Meranti Harapkan Alumni Pamong Praja Bisa Bantu Pemerintah
    16 Pengurus IKAPTK Kepulauan Meranti Dilantik
    17 Masyarakat Disuguhi Tontonan Dragon Boat Festival
    18 Tim Dayung Mahasiswa Unilak Duduki Posisi Juara 3
    19 Cak Mus : Saya Siap Pinang Ukup
    20 Dolly: Kami Minta Selamatkan PSPS Pekanbaru
    21 UIR dan SU Libya Bahas Kerjasama Pendidikan dan Penelitian
    22 Gubri: Saya Hadir Sebagai Delegasi Pemerintah Indonesia Dampingi Presiden Joko Widodo
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public