Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Sabtu, 21 Agustus 2019
 
Lima Rektor Universitas di Riau Teken MoU
Syafrinaldi: MoU Ini akan Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masing-Masing Universitas
Rabu, 29 Mei 2019 - 04:57:02 WIB
Suasana penandatanganan kerjasama antar kampus oleh lima rektor.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Lima rektor perguruan tinggi di Riau menandatangani nota kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, Selasa (28/05/2019).

Lima rektor tersebut masing-masing Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL (Rektor Universitas Islam Riau), Prof Dr Ir H Aras Mulyadi MSc (Rektor Universitas Riau),  Prof Susi Endrini SSi MSc (Rektor Universitas Abdurrab), Dr Hj Hasnati SH MH (Rektor Universitas Lancang Kuning) dan Dr H Mubarak MSi (Rektor Universitas Muhammadiyah Riau).

Turut hadir menyaksikan MoU Edi Asnawi (Wakil Rektor III Unilak), Syaiful Bahri (Wakil Rektor IV UNRI), Syamsul Bahri R (Wakil Rektor I Unirab), Taswin Yacob (Wakil Rektor III UMRI), May Valzon (Wakil Rektor III Unirab), Bakaruddin (Wakil Rektor II UMRI) dan Ermina Sari (Wakil Rektor II Unilak).

Salah satu penggagas pertemuan lima rektor, Ir H Rosyadi MSi mengatakan, ide lahirnya Memory of Understanding (MoU) bermula dari pertemuan kelima rektor pada acara yang dilaksanakan PT Chevron di Pekanbaru dua bulan lalu. Saat itu kelima rektor berpikir kerjasama antar perguruan tinggi menjadi prasyarat untuk akreditasi.

"Uniknya, kita sibuk menggalang MoU dengan universitas lain di luar Riau termasuk  ke manca negara. Sementara sesama kita di Provinsi Riau belum pernah terikat kerjasama walaupun berbagai kegiatan yang kita laksanakan kita gotongroyongkan tanpa MoU. Mengapa ini terjadi? Karena kita semua berteman. 'Ketika saya mengirim mahasiswa untuk melakukan penelitian ke Unilak atau ke UMRI, tak pernah ditanya mana MoU nya. Satu sisi ikatan emosional dalam berakademik ini ada baiknya, tapi di lain sisi kita rugi sebab kita menghilangkan bukti fisik yang dapat dimanfaatkan untuk akreditasi. Dari sana muncul ide bagaimana kalau kita jajaki MoU. Setelah berembuk antar universitas akhirnya kita sepakat, maka lahirlah penanda-tanganan MoU hari ini,'' beber Rosyadi.

Rosyadi menyebut, dari MoU ini banyak hal yang dapat dilakukan baik oleh UIR, UNRI, Unilak, UMRI maupun Abdurrab. Tak hanya di bidang pendidikan dan penelitian tapi juga pengabdian kepada masyarakat. 

''Kegiatan yang kita kerjasamakan dengan universitas di Malaysia atau di negara-negara lain dapat pula kita laksanakan bersama-sama. Mudah-mudahan MoU kelima rektor berdampak positif tidak hanya buat kelima universitas melainkan untuk Provinsi Riau,'' tandas Wakil Rektor III UIR ini.

Harapan senada disampaikan Rektor UIR Syafrinaldi. Mengutip sebuah peribahasa yang menyebutkan, semut diseberang lautan tampak tapi gajah di pelupuk mata tak kelihatan.

Rektor mengakui, selama ini kiblat universitas yang dipimpinnya banyak bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di luar Riau. Tapi alpa ber-MoU dengan tetangga sendiri. Karena itu Syafrinaldi menyambut positif  kerjasama antarkampus ini dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

''Saya optimis, karena kita duduk sama rendah tegak sama tinggi, MoU ini akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan masing-masing universitas. Mudah-mudahan secepatnya kebijakan dalam nota kesepahaman dapat ditindak-lanjuti oleh tim teknis dari setiap universitas,'' ujar Syafrinaldi.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Syafrinaldi: MoU Ini akan Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masing-Masing Universitas
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pasangan Calon Bupati dan Wabup Kuansing, Halim - Komperensi Dideklarasikan
    02 Zulmansyah Bawa Rombongan Kunjungi Tiga Media Besar di Ho Chi Minh
    03 Kabut Asap Masih Tebal, Sekolah Kembali Diliburkan
    04 Pemuda Pengangguran Meringkuk di Jeruji Besi Polsek Tenayan Raya
    05 2020, PMBRW Simpang Tiga Fokus Budidaya Lele, Menjahit dan Pelatihan Perhotelan
    06
    07 Kuansing Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Se Riau
    08 FAM Kuansing Bagikan Ribuan Masker Gratis
    09 Tim Kesehatan Mekar Sejati Berikan Masker Air dan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat
    10 Ketua PWI Bawa Peserta Studi Jurnalistik Silaturahmi ke Kantor VJA di Ho Chi Minh City
    11 AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Kapolres Meranti Kelima
    12 Panitia akan Hadirkan Juara I MTQ Antar Bangsa di Teheran
    13 Wawan: Tidak Korupsi dan Tidak Bermain Proyek
    14 Razia Lanjutan, Satpol PP Cokok Waria Sedang Cari Mangsa
    15 Ibu Negara Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar Lewat Kuis Berhadiah
    16 Satpol PP Amankan Pasangan Mesum
    17 Presiden Minta Tindak Tegas Pelaku Karhutla Dijalur Hukum
    18 Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Pencegahan Karhutla
    19 Kapolri dan Panglima TNI Ikuti Sholat Istisqa' Minta Hujan Bersama Presiden Joko Widodo
    20 Agus : Alhamdulillah Pelayanan Puskesmas Memuaskan
    21 Pemkab Siak Kembali Laksansakan Shalat Istisqo'
    22 IM3 Ooredoo Digitalent Asah Kreatifitas Digital Siswa
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public