Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Kamis, 18 Agustus 2019
 
Difasilitasi SKK Migas Wilayah Sumbagut
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas dan UKW
Kamis, 21 Maret 2019 - 22:29:18 WIB
Pembukaan pelatihan jurnalistik wartawan migas dan UKW di Grand Elite Hotel Pekanbaru, Kamis (21/03/2019).

Pekanbaru, Hariantimes.com - PWI Riau bekerjasama dengan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menyenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik wartawan migas dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Grand Elite Hotel Pekanbaru, Kamis (21/03/2019).

Khusus UKW diikuti 34 orang wartawan baik cetak, online maupun elektronik. 34 orang wartawan ini berjuang meraih predikat kompeten untuk kategori muda.

Sedangkan untuk Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas, diikuti sekitar seratus orang wartawan media cetak, online dan elektronik se Provinsi Riau.

Kegiatan yang difasilitasi oleh SKK Migas ini dihadiri Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Provinsi Riau Indra Agus Lukman, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Avicenia Darwis, diwakili Kepala Departemen Humas Evy Yanti, dan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang. 

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Avicenia Darwis, diwakili Kepala Departemen Humas Evy Yanti  menjelaskan, kerjasama pelatihan dan uji kompetensi ini sebagai wujud komitmen SKK untuk meningkatkan kualitas pengetahuan wartawan khususnya di bidang migas. Selain itu juga untuk membantu para wartawan memiliki sertifikasi kompetensi melalui uji kompetensi.

"Kegiatan ini sebagai kelanjutan kerjasama yang sudah lama terjalin dan berjalan dengan baik. Karena itu, kami meminta bantuan teman-teman wartawan untuk dapat mempublikasikan informasi SKK Migas dan kegiatan rekan-rekan K3S seperti program social responsibility yang dilakukan perusahaan," pinta Evi.

Sementara itu, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang menegaskan, dalam melakukan tugas jurnalistiknya wartawan harus bisa membedakan kegiatan hulu dan hilir minyak dan gas. Ini  penting diketahui, karena instansi yang menanganinya berbeda. Demikian pula kegiatannya berbeda. 

"Wartawan juga harus mengetahui kondisi terkini kegiatan migas di Riau," ujar Zulmansyah seraya menyampaikan, wartawan yang meliput  migas harus cerdas dan memahami kondisi faktual kegiatan migas. Ini penting bagi wartawan supaya tahu membedakan kegiatan hulu dan hilir migas.

Karena itu, sebut Zulmansyah, melalui pelatihan ini teman-teman wartawan akan tahu bagaimana sebenarnya kegiatan hulu migas tersebut.

"Narasumber memberi penjelasan secara rinci tentang kegiatan hulu dan bagaimana perkembangan terkini migas di industri hulunya," ujar Zulmansyah.

Dalam kesempatan itu, Zulmansyah berharap para mitra agar memberikan pelayanan yang baik kepada wartawan dengan penjelasan informasi yang diperlukan. Jika informasi tersebut sifatnya tertutup dan tidak untuk dipublikasikan para mitra bisa menyampaikab off the record.

"Dalam kode etiknya, wartawan harus menghormati bagian informasi yang dinyatakan off the record. Teman-teman mitra juga bisa menggunakan hak embargo terhadap suatu pemberitaan. Arti embargo itu adalah meminta waktu penundaan publikasi sampai mitra bisa mendapatkan informasi yang tepat atau sahih," terang Zulmansyah.

Tidak jarang, kata Zulmansyah, wartawan salah melakukan konfirmasi ketika ada suatu peristiwa atau kejadian. Misalnya ada pipa minyak yang mengeluarkan api, konfirmasinya ke instansi yang berbeda.

"Karena itu, kami berharap agar para mitra memberikan pelayanan yang baik kepada wartawan dengan memberikan penjelasan informasi yang diperlukan. Jika informasi tersebut sifatnya tertutup dan tidak untuk dipublikasikan para mitra bisa menyampaikan off the record. Dan dalam kode etik, wartawan harus menghormati bagian informasi yang dinyatakan off the record. Teman-teman mitra juga bisa menggunakan hak embargo terhadap suatu pemberitaan. Arti embargo itu adalah meminta waktu penundaan publikasi sampai mitra bisa mendapatkan informasi yang tepat atau sahih," papar Zulmansyah.(rls)



 
Berita Lainnya :
  • PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas dan UKW
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wabup Halim : Tidak Ada Euforia Sebelum Penetapan Resmi KPU
    02 Wabup Halim : Gunakan Hak Pilih dan Jaga Kantibmas
    03 Andi Putra Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilih
    04 Sekcam Kuantan Hilir : Selalu Siaga dan Waspada Terhadap Situasi
    05 Wabup Halim Monitoring Kesiapan Pemilu Sekaligus Tinjau Kegiatan Pemda
    06 Wabup Halim Monitoring Kegiatan PUPR
    07 Monitoring, Tarmizi : Seluruhnya Sudah Siap
    08 Gelar Monitoring, Mardius : Masyarakat Jangan Bermanipolitik
    09 BPJS Kesehatan Buka Stand di MPP Pekanbaru
    10 Saatnya Rakyat Jadi Macan, Bukan Mengembek
    11 Jelang Pemilu ADD Tahap I Sudah Cair
    12 Bupati Harris Serahkan Penghargaan ke Wajib Pajak Daerah
    13 Ketua DPRD Kuansing Dukung Keberadaan FPK
    14 Wabup Halim : Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan, Jangan Pecah Karena Beda Pilihan
    15 Mardius : Jika Tak Berupa Ajakan Tidak Masalah
    16 KSRS Gelar Pentas Seni Konservasi
    17 Bagus Santoso: Caleg Terpilih Tidak Peduli dengan Pemilihnya
    18 Coca-Cola Amatil Luncurkan Inisiatif Corporate Venture Capital
    19 Kaswira Nondri : Mari Tunjukan Ke Masyarakat Kita Taat Aturan
    20 Siti Nurbaya: Pak Jokowi Paling Sayang Pada Masyarakat Riau
    21 134 Orang Linmas Kerumutan akan Diturunkan di 67 TPS
    22 Menteri Siti: Saya Berterimakasih Unilak Memiliki Fakultas Kehutanan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public