Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 22 Agustus 2019
 
Inovasi dan Teknologi Harus Diimbangi Regulasi
Sabtu, 12 Januari 2019 - 21:43:36 WIB
Presiden RI Joko Widodo saat bersilaturahmi dengan para pelaku transportasi online di JI Expo Kemayoran Jakarta

Jakarta, HarianTimes.com - Perkembangan inovasi-inovasi dan teknologi baru harus diimbangi dengan regulasi, termasuk juga di bidang transportasi. Namun, cepatnya inovasi dan teknologi baru yang muncul seringkali tidak diimbangi dengan payung hukum yang menaunginya.

Saat bersilaturahmi dengan para pengemudi transportasi daring di Hall A2 dan A3 JI-Expo Kemayoran, Jakarta, pada Sabtu (12/01), Presiden Joko Widodo mengungkapkan fenomena belum adanya regulasi untuk sebuah inovasi baru ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja.

"Memang kita harus ngomong apa adanya, bahwa inovasi dan teknologi baru ini lebih cepat dari pada regulasi peraturannya. Tidak hanya di Indonesia, di semua negara tertatih-tatih. Barangnya sudah keluar, regulasinya belum siap, aturannya belum siap," tutur Presiden.

Untuk itu pada tahun 2018, Presiden telah memerintahkan Menteri Perhubungan untuk segera menyusun regulasi terkait transportasi daring ini. Hal ini kemudian direspon dengan terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus. 

"Sebentar lagi akan keluar lagi untuk payung hukum agar bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian bisa bekerja dengan tenang karena ada payung hukumnya," ujar Presiden.

Aturan ini, menurut Presiden harus bisa mengakomodir kepentingan semua pihak, baik pengemudi, konsumen, maupun penyedia aplikasi. "Semuanya harus berada pada posisi saling diuntungkan. Di situ senang, di sini senang, semuanya senang. Yang paling penting kan itu," kata Presiden kepada para jurnalis seusai acara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam laporannya mengungkapkan peraturan baru tentang ojek daring ini dibuat setelah melakukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan _stakeholder_, aplikator, juga pengemudi asosiasi. Aturan ini, kata Budi, akan berasaskan kesetaraan, keadilan, dan mengedepankan keselamatan.

"Kami harapkan peraturan ini memberikan situasi, kondisi yang _win-win_ antara aplikator, pengemudi, dan penumpang dalam upaya meningkatkan keselamatan," kata Menteri Perhubungan.

Di hadapan ribuan pengemudi transportasi daring yang hadir, Presiden pun mengingatkan agar mereka bisa menaati segala aturan yang ada. Misalnya, tidak menggunakan telepon genggamnya saat mengemudikan kendaraan.

"Saya titip hati-hati karena bapak, ibu, saudara sekalian itu memiliki keluarga. Jangan sampai karena kecerobohan, nyetir sambil terima order sehingga menyebabkan kelalaian dan kecelakaan. Saya titip karena saya sering lihat dari mobil. Kita tidak ingin saudara-saudara celaka sekecil apa pun. Jangan sampai terjadi. Kita semuanya berdoa agar semuanya berangkat selamat, pulang selamat," tandasnya.(*/hrp)



 
Berita Lainnya :
  • Inovasi dan Teknologi Harus Diimbangi Regulasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Harris Harapkan Guru Melek Teknologi dan Informasi
    02 Mardius : Sudah Diambil Sumpah Langsung Bergabung dan Bertugas
    03 Fasilitator Panwascam Dibekali Bimtek TOT
    04 PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas dan UKW
    05 Azhar : UML Kuansing Resmi Diteken Menteri Perdagangan RI
    06 Besok, HPSN 2019 Bertabur Doorprize
    07 Wabup Halim : Konsumen Cerdas Cinta Produk Dalam Negeri
    08 Fanbuba Anjangsana ke PPK
    09 Bupati Bengkalis Ingatkan Masyarakat Waspadai Karhutla
    10 Gelar Baksos, BIMBO Foundation : Peduli Kesehatan Masyarakat
    11 Kunni Masrohanti Perjuangkan Konservasi dengan Puisi
    12 Nehri: Banyak Sekali Caleg yang Berasal dari Sumbar
    13 Zulmansyah: Intinya Kedepan, Bisa Conversation Lah
    14 KUR Berikan Kemudahan Bagi Pelaku Usaha
    15 UPT Pengelolaan Sampah Gelar Aksi Bersih-Bersih
    16 Dewan Pendidikan Beri Masukkan ke Gubri
    17 DPRD Bengkalis Minta Penanganan Abrasi Skala Prioritas di APBN
    18 Kabag Hukum, Suryanto : Pemkab Sedang Mempelajari Kebenaran Isi Gugatannya
    19 Komisi I DPRD Bengkalis Gali Sektor Tenaga Kerja Dongkrak PAD
    20 Pemkab Kuansing dan Pemko Bandung Teken MoU Aplikasi Smart City
    21 Jodi: Siapapun Kita Mampu Melaksanakan Pekerjaan Besar
    22 PWI Riau Silaturahmi dengan Menteri LHK
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public