Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 17 Agustus 2019
 
Inovasi dan Teknologi Harus Diimbangi Regulasi
Sabtu, 12 Januari 2019 - 21:43:36 WIB
Presiden RI Joko Widodo saat bersilaturahmi dengan para pelaku transportasi online di JI Expo Kemayoran Jakarta

Jakarta, HarianTimes.com - Perkembangan inovasi-inovasi dan teknologi baru harus diimbangi dengan regulasi, termasuk juga di bidang transportasi. Namun, cepatnya inovasi dan teknologi baru yang muncul seringkali tidak diimbangi dengan payung hukum yang menaunginya.

Saat bersilaturahmi dengan para pengemudi transportasi daring di Hall A2 dan A3 JI-Expo Kemayoran, Jakarta, pada Sabtu (12/01), Presiden Joko Widodo mengungkapkan fenomena belum adanya regulasi untuk sebuah inovasi baru ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja.

"Memang kita harus ngomong apa adanya, bahwa inovasi dan teknologi baru ini lebih cepat dari pada regulasi peraturannya. Tidak hanya di Indonesia, di semua negara tertatih-tatih. Barangnya sudah keluar, regulasinya belum siap, aturannya belum siap," tutur Presiden.

Untuk itu pada tahun 2018, Presiden telah memerintahkan Menteri Perhubungan untuk segera menyusun regulasi terkait transportasi daring ini. Hal ini kemudian direspon dengan terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus. 

"Sebentar lagi akan keluar lagi untuk payung hukum agar bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian bisa bekerja dengan tenang karena ada payung hukumnya," ujar Presiden.

Aturan ini, menurut Presiden harus bisa mengakomodir kepentingan semua pihak, baik pengemudi, konsumen, maupun penyedia aplikasi. "Semuanya harus berada pada posisi saling diuntungkan. Di situ senang, di sini senang, semuanya senang. Yang paling penting kan itu," kata Presiden kepada para jurnalis seusai acara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam laporannya mengungkapkan peraturan baru tentang ojek daring ini dibuat setelah melakukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan _stakeholder_, aplikator, juga pengemudi asosiasi. Aturan ini, kata Budi, akan berasaskan kesetaraan, keadilan, dan mengedepankan keselamatan.

"Kami harapkan peraturan ini memberikan situasi, kondisi yang _win-win_ antara aplikator, pengemudi, dan penumpang dalam upaya meningkatkan keselamatan," kata Menteri Perhubungan.

Di hadapan ribuan pengemudi transportasi daring yang hadir, Presiden pun mengingatkan agar mereka bisa menaati segala aturan yang ada. Misalnya, tidak menggunakan telepon genggamnya saat mengemudikan kendaraan.

"Saya titip hati-hati karena bapak, ibu, saudara sekalian itu memiliki keluarga. Jangan sampai karena kecerobohan, nyetir sambil terima order sehingga menyebabkan kelalaian dan kecelakaan. Saya titip karena saya sering lihat dari mobil. Kita tidak ingin saudara-saudara celaka sekecil apa pun. Jangan sampai terjadi. Kita semuanya berdoa agar semuanya berangkat selamat, pulang selamat," tandasnya.(*/hrp)



 
Berita Lainnya :
  • Inovasi dan Teknologi Harus Diimbangi Regulasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Bukit Batu Goro Perbaiki Jaling Kampung Baru
    02 Syamsuar: Sudah Waktunya Petani Memiliki Industri Hilir Sawit
    03 Puncak Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-235 Dikemas Secara Sederhana
    04 M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
    05 Syahril: Secara Uji Kelayakan, Kita Sudah Gandeng Dishub Riau
    06 Besok, PWI Riau Gelar Halal Bi Halal
    07 Kondisi Jalan Di Benai Memprihatinkan
    08 Polsek Bukit Batu Bakti Religi di Masjid Darul Ihsan
    09 Warga Perum Pondok Ratu Ditangkap Anggota Opsnal Polsek Senapelan
    10 Polisi Cokok Bandar di Sako
    11 Polsek Bukit Batu Beri Bantuan Sembako ke Warga
    12 Kalab Teknik Sipil UIR Ikuti Short Term Program for Laboratory 2019
    13 Kapolres Kuansing Apresiasi Seluruh Jajaran dan Stake Holder Terkait
    14 Agustiar: Hadiah Tiket Umroh ke Tanah Suci
    15 Raja Yosi : Puluhan Kompetitor Berlaga Diajang Antar Kecamatan
    16 Wabup Halim Doakan Kesembuhan Linskar
    17 Supriati : Siap Untuk Kuansing Lebih Baik
    18 BKD Riau Ajukan 10.381 ke Pusat
    19 Wako Pekanbaru Optimis Bisa Memperoleh Poin BB
    20 Gubri Minta Jadi Perhatian Ekstra
    21 Andi Putra : Mari Kita Tatap Kuansing Lebih Baik Kedepannya
    22 Aden Gultom: Cabe Merah, Kentang dan Bawang Putih Penyebab Utama
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public