Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Kamis, 27 Agustus 2019
 
Masa Libur Lebaran 2019
BPJS Kesehatan Tetap Beri Layanan Prima ke Peserta JKN-KIS
Senin, 27 Mei 2019 - 16:22:20 WIB
Konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pekanbaru, Senin (27/05/2019).

Pekanbaru, Hariantimes.com - BPJS Kesehatan tetap komit memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Buktinya, menjelang masa libur lebaran tahun 2019 yakni nulai H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai 29 Mei hingga 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, termasuk saat peserta mudik ke luar kota.

"Ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS,” terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga dalam Konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pekanbaru, Senin (27/05/2019).

Hadir pada kesempatan itu Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru , dr Zaini Rizaldy.

Dikatakan Asri, peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut, layanan kesehatan bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Untuk daftar FKTP tersebut, dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400," sebut Asri.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, kata Asri, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. 

"Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS," pungkas Asri.

Dan selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, sambung Asri, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta. Pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

"Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Selain itu, kami juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan," beber Asri.

Tak hanya itu, katanya, BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan khusus kepada peserta JKN-KIS. Di Kantor Cabang, layanan khusus bagi peserta JKN-KIS disediakan mulai tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Peserta bisa melakukan pendaftaran bayi baru lahir (khusus bagi peserta Pekerja Penerima Upah/PPU dan Penerima Bantuan Iuran/PBI), pencetakan kartu bayi baru lahir, perbaikan data dan pencetakan kartu peserta PBI yang sedang dirawat inap, re-aktivasi anak PPU berusia di atas 21 tahun yang masih kuliah dan sedang dirawat inap, dan penanganan pengaduan yang membutuhkan solusi segera.

Asri menjelaskan, saat ini telah dikembangkan fitur aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) di rumah sakit untuk pendaftaran bayi baru lahir peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan perhitungan denda layanan, sehingga peserta tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Di samping itu, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi atau menyampaikan pengaduan.

“Selain di Kantor Cabang, selama masa libur lebaran kami juga membuka layanan khusus di rumah sakit melalui Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) rumah sakit. Layanan khusus tersebut meliputi pendaftaran bayi baru lahir bagi peserta segmen mandiri, perhitungan denda layanan dan penanganan pengaduan di rumah sakit, baik yang terkait dengan pelayanan rumah sakit maupun pengaduan yang perlu dieskalasi ke BPJS Kesehatan karena membutuhkan solusi segera,” terang Asri.(ron)



 
Berita Lainnya :
  • BPJS Kesehatan Tetap Beri Layanan Prima ke Peserta JKN-KIS
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kapolda Riau Menggarisbawahi Ucapan Bupati Tentang Peredaran Narkoba
    02 Kapolda Riau: Mumpung Meresmikan Mapolres, Kami Silahturahmi
    03 Pemko Hapus Sanksi Administrasi PBB
    04 Insya Allah, PWI Riau akan Sembelih Tiga Ekor Sapi dan Beberapa Ekor Kambing
    05 Sekdakab Meranti: Jangan Khawatir, Kita akan Membantu Biaya Pengobatannya
    06 Bupati: Kita Berharap Dapat Berikan Pelayanan Prima ke Masyarakat
    07 Satlantas Polres Meranti Luncurkan Layanan SIM Keliling
    08 Novrizon: 10 Lulusan Terbaik Gratis Biaya UKW
    09 Atasi Kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Bupati Terbitkan Surat Edaran
    10 Keken : Sedang Disiapkan Payung Hukum
    11 Bupati Harris Serius Tindaklanjuti Pembangunan Pelabuhan Sokoi
    12 Mantan Sang Runner Up Berhasil Gondol Piala Bergilir
    13 Yulian: Saya Nilai Kegiatan Ini Sangat Tepat
    14 Bupati Meranti Harapkan Alumni Pamong Praja Bisa Bantu Pemerintah
    15 Pengurus IKAPTK Kepulauan Meranti Dilantik
    16 Masyarakat Disuguhi Tontonan Dragon Boat Festival
    17 Tim Dayung Mahasiswa Unilak Duduki Posisi Juara 3
    18 Cak Mus : Saya Siap Pinang Ukup
    19 Dolly: Kami Minta Selamatkan PSPS Pekanbaru
    20 UIR dan SU Libya Bahas Kerjasama Pendidikan dan Penelitian
    21 Gubri: Saya Hadir Sebagai Delegasi Pemerintah Indonesia Dampingi Presiden Joko Widodo
    22 Sigit: Kita Minta Setiap Kelurahan Membuat Master Plan Masalah Banjir
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public